STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Manajemen PT King Tire Indonesia Tbk (TYRE) membidik penjualan sebesar Rp651,46 miliar pada 2025. Target ini, 10% lebih tinggi dibanding realisasi penjualan TYRE tahun 2024 sebesar Rp592,24 miliar
Seperti dikutip dari materi paparan publik yang diumumkan, Rabu (04/6/2025), TYRE berkomitmen untuk lebih agresif meningkatkan volume penjualan melalui jaringan distribusi Perseroan, dan meningkatkan volume kontrak kerjasama dengan produsen motor listrik.
Di samping itu, Perseroan juga meningkatkan volume kerjasama dengan modern market ban dan merek ban internasional, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja. Hal ini seiring pembangunan pabrik baru di Jawa Tengah.
Realisasi penjualan TYRE hingga triwulan I 2025 mencapai Rp160,33 miliar, naik 13,98% dari Rp140,67 miliar pada periode sama 2024. Dari penjualan tersebut, emiten dengan aset Rp561,9 miliar per Maret 2025 itu mencatat laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp8,32 miliar pada triwulan I 2025, tumbuh 18,8% dibandingkan Rp7,09 miliar pada triwulan I 2023.
“Pencapaian penjualan sampai dengan triwulan I 2025 mencerminkan 24,62% dari target Perseroan tahun ini,” tulis Direksi TYRE dalam paparan publiknya.
Sekedar informasi, TYRE adalah perusahaan yang memproduksi ban dan ban dalam untuk kendaraan dengan merek ‘Kingland’. Bisnis tersebut mulai beroperasi pada tahun 1977, namun perusahaannya sendiri baru didirikan pada tahun 2010.
Adapun pabrik pertama perusahaan tersebut berlokasi di Tangerang, namun pabrik utamanya kini berlokasi di Serang, Banten. Perusahaan tersebut memproduksi empat produk ban dalam (untuk sepeda, sepeda motor, mobil, dan truk), serta 28 produk ban untuk sepeda dan sepeda motor. (konrad)