Kamis, Agustus 7, 2025
28.4 C
Jakarta

BTN Ekspansi ke Dunia Fesyen, Begini Strateginya di Indonesia Fashion Week 2025

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) atau BTN sukses mencuri perhatian di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2025. Bekerja sama dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), BTN menghadirkan pengalaman berbelanja modern lewat kehadiran Bale by BTN dan Kartu Debit BTN yang mempermudah transaksi selama event berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 28 Mei hingga 1 Juni 2025.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menyebut IFW 2025 menjadi momen penting untuk menunjukkan keseriusan BTN mendukung industri fesyen Indonesia yang punya dampak besar terhadap ratusan pelaku UMKM. Menurutnya, kualitas fesyen lokal tidak kalah dari merek luar negeri.

“Dukungan BTN terhadap IFW 2025 adalah salah satu cara memperkenalkan Bale by BTN kepada segmen yang lebih luas, dalam hal ini masyarakat yang dekat dengan dunia lifestyle modern,” ujar Nixon saat menutup acara pada Minggu, (1/06/2025).

Nixon menjelaskan, nasabah BTN Prioritas juga mendapatkan penawaran spesial selama pameran berlangsung. Mereka bisa menikmati produk para desainer ternama Indonesia lewat program eksklusif dari BTN.

BTN tidak hanya fokus pada pembiayaan rumah, tetapi juga aktif mengembangkan ekosistem digital, terutama di industri kreatif. Sejak tahun lalu, BTN telah memberi dukungan nyata kepada pelaku industri fesyen lokal.

“BTN siap menjadi mitra finansial bagi para pelaku fesyen Indonesia, mulai dari permodalan, pengembangan usaha, hingga solusi perbankan lainnya yang relevan,” kata Nixon.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Widiyanti Putri Wardhana juga memberikan apresiasi atas gelaran IFW 2025. Menurutnya, kolaborasi antara industri fesyen, pariwisata, dan komunitas lokal sangat penting untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia.

“Dengan kolaborasi erat antara industri fesyen, pariwisata, dan komunitas lokal, saya yakin Indonesia dapat tumbuh sebagai magnet industri fesyen dan budaya di Asia Tenggara,” tutur Menteri Widiyanti.

Selama lima hari penyelenggaraan, BTN menawarkan promo menarik seperti diskon hingga 30% menggunakan Bale by BTN dan Kartu Debit BTN untuk belanja produk fesyen dan F&B. Hasilnya, nilai transaksi tembus lebih dari Rp4 miliar, naik 50% dibandingkan IFW 2024. Menariknya, sekitar 63% dari total transaksi tersebut berasal dari Bale by BTN.

BTN juga melihat potensi besar dari gaya hidup digital. Nixon menjelaskan, Bale by BTN kini telah terintegrasi dengan merchant fesyen dalam MAP Club. Lewat fitur ini, nasabah bisa menikmati akses eksklusif ke berbagai produk dan promo fesyen dari MAP Group.

Tidak cuma itu, aplikasi Bale by BTN juga punya fitur investasi seperti pembelian reksadana dan asuransi. Nasabah bisa berinvestasi secara mudah dan nyaman hanya lewat satu aplikasi.

“Dengan integrasi ini, nasabah bisa lebih mudah menikmati berbagai penawaran fesyen favorit mereka langsung dari aplikasi,” ujar Nixon. Ia menambahkan, BTN menargetkan pengguna Bale by BTN bisa menembus 3,6 juta hingga 4 juta pada 2025.

Hingga kuartal I-2025, jumlah user Bale by BTN sudah mencapai 2,4 juta, naik 76% dibandingkan tahun sebelumnya. Total nilai transaksi selama tiga bulan pertama 2025 tercatat sebesar Rp22,3 triliun dengan jumlah transaksi mencapai 492 juta.

BTN IFW 2025 juga menjadi ajang apresiasi BTN kepada nasabah BTN Prioritas yang kini sudah berjumlah lebih dari 34 ribu orang hingga April 2025. Dana pihak ketiga dari segmen ini menyumbang lebih dari Rp35 triliun atau sekitar 55% dari total DPK BTN.

Total dana kelolaan (Fund Under Management/FUM) nasabah BTN Prioritas juga ikut meningkat. Per April 2025, FUM BTN mencapai Rp58,3 triliun atau naik 12% secara tahunan dari posisi tahun sebelumnya yang sebesar Rp51,9 triliun. Dana kelolaan di produk wealth BTN juga tumbuh lebih dari 20% dibanding tahun lalu.

Melalui kolaborasi dengan APPMI yang menaungi ratusan desainer, BTN terus memperkuat ekosistem industri fesyen nasional. Setelah IFW 2025, BTN dan APPMI bersama mitra strategis lainnya akan melanjutkan sinergi untuk memperluas solusi keuangan di sektor ini.

Nasabah BTN Prioritas juga dapat menikmati benefit dan privilege eksklusif lewat loyalty platform PLUS by BTN Prioritas yang tersedia di Bale by BTN. Platform ini telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah yang telah menjadikan BTN Prioritas sebagai mitra perbankan terpercaya,” tutup Nixon. Ia menegaskan komitmen BTN untuk terus hadir sebagai penyedia solusi finansial lengkap, dari simpanan hingga investasi dan proteksi, guna memenuhi kebutuhan nasabah di setiap aspek kehidupan.

Artikel Terkait

MV BYD Zhengzhou Sandar Perdana, IPCC Layani Kapal Raksasa Ramah Lingkungan

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC)...

Makin Banyak Investor Saham, Stockbit Jadi Aplikasi Andalan Anak Muda!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Jumlah investor saham di Indonesia terus melonjak...

BTN Luncurkan Model Baru, Penagihan Kredit Kini Lebih Efisien dan Produktif!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru