STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) perusahaan induk di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) hari ini (28/10) merilis laporan keuangan kuartal III tahun 2025.
DYAN mencatatkan kinerja yang positif pada kuartal III tahun 2025 dengan pendapatan sebesar Rp947,8 Miliar dan laba bersih sebesar Rp37,8 Miliar. Gross Profit Margin (GPM) DYAN tercatat senilai Rp298,1 miliar atau sebesar 31% dan EBITDA tercatat senilai Rp118,1 miliar pada kuartal III tahun 2025.
Kontribusi pendapatan terbesar senilai Rp769,3 miliar atau sebesar 81% berasal dari segmen Event/ Exhibition Organizer yaitu PT Dyandra Promosindo beserta anak usahanya. Diikuti oleh PT Nusa Dua Indonesia dari segmen Convention and Exhibition Hall senilai Rp115,7 miliar atau sebesar 12%, PT Graha Multi Utama dari segmen Hotel senilai Rp41,3 miliar atau sebesar 4% dan PT Dyamall Graha Utama dari segmen Supporting Event senilai Rp23,9 miliar atau sebesar 3%.
Daswar Marpaung, Direktur Utama DYAN dalam siaran pers, Selasa 28 Oktober 2025 mengungkapkan, beberapa kegiatan bisnis Perseroan hingga akhir kuartal III 2025, masih menghadapi tekanan dari pengurangan anggaran pemerintah yang mempengaruhi frekuensi dan skala kegiatan MICE berbasis lembaga publik.
“Meski demikian, Perseroan tetap optimis bahwa upaya diversifikasi dan ekspansi ke segmen korporasi, asosiasi, serta pengembangan event IP akan mulai menunjukkan kontribusi yang lebih berkelanjutan. Kami percaya bahwa dengan fundamental perusahaan yang kuat, DYAN akan terus berkontribusi positif terhadap pertumbuhan industri MICE di Indonesia,” ujarnya.
Total aset DYAN per September 2025 meningkat menjadi Rp1,229 dari posisi 31 Desember 2024 sebesar Rp1,212 Triliun. Total liabilitas DYAN per September 2025 tercatat Rp490,4 Miliar, turun dari Rp530 miliar di akhir tahun 2024. Sementara, ekuitas perusahaan tercatat Rp739,3 Miliar di akhir September 2025, naik dari Rp682 Miliar di akhir tahun 2024.
Manajemen DYAN menargetkan pemulihan tren pada kuartal III 2025 dengan memperkuat penyelenggaraan acara-acara andalan Dyandra, memperluas jangkauan ke kota besar lainnya, serta meningkatkan efisiensi operasional Perseroan. Baru-baru ini Perseroan telah diselenggarakan pameran otomotif IIMS Garage Balikpapan pada 15-19 Oktober 2025 dan berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp32 miliar selama periode pameran.
Adapun beberapa line-up event/ pameran yang akan diselenggarakan oleh unit bisnis Dyandra sampai dengan akhir tahun 2025 diantaranya adalah Festival Kemudahan dan Perlindungan Usaha Mikro pada 29 Oktober 2025 di Gor Oepoi Kupang, Asia Consumer Sourching Expo (CSE Asia) pada 6-8 November 2025 di JIExpo, Korea Travel Fair pada 14-16 November 2025 di Kota Kasablanka, Sunset di Pantai pada 15 November 2025 di Pantai Indah Kapuk. (konrad)
