STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT MD Entertainment Tbk (FILM) resmi mengumumkan pelaksanaan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I (PMHMETD I) atau right issue. Aksi korporasi ini menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat struktur permodalan dan mendukung ekspansi bisnis secara berkelanjutan.
Lewat aksi ini, FILM menerbitkan 989.778.796 saham baru. Dana yang akan dihimpun mencapai Rp791,82 miliar. Setiap 10 saham lama memberikan hak untuk memperoleh 1 Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).
Salah satu momen penting dalam aksi ini adalah masuknya SBS Co., Ltd. sebagai investor strategis. Perusahaan media dan hiburan asal Korea Selatan itu memperoleh 413,8 juta HMETD dari pengalihan milik PT MD Corp Enterprises.
SBS Co., Ltd. sudah berkomitmen untuk mengeksekusi seluruh haknya. Nilai investasinya mencapai Rp331 miliar atau sekitar US$ 20 juta.
Direktur Utama FILM, Manoj Dhamoo Punjabi, juga memastikan dirinya akan melaksanakan seluruh HMETD yang dimiliki. Termasuk hak yang diperoleh dari pembelian HMETD milik PT MD Corp Enterprises.
“Masuknya SBS Co., Ltd. sebagai investor strategis tidak hanya memperkuat sisi finansial, namun juga membuka potensi kolaborasi lintas negara yang sangat bernilai bagi ekspansi global kami,” ujar Manoj dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (28/6/2025).
Dana hasil PMHMETD I ini akan digunakan untuk melunasi pinjaman kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebesar Rp748,2 miliar. Sisanya akan dipakai untuk kebutuhan modal kerja, seperti produksi film dan operasional lainnya.
Dengan langkah ini, MD Entertainment berharap dapat menurunkan beban bunga, memperbaiki rasio keuangan, dan memperkuat fondasi untuk pertumbuhan bisnis di tengah persaingan ketat industri hiburan digital.
SBS Co., Ltd. dikenal luas sebagai salah satu perusahaan media dan hiburan terdepan di Korea Selatan. Mereka memiliki layanan siaran televisi dan radio nasional, serta unggul dalam produksi drama, program variety, dan berita.
Selain itu, SBS juga aktif dalam produksi serta distribusi konten dan menjalin kemitraan strategis di kawasan Asia. Perusahaan ini berperan penting dalam memperluas pengaruh budaya pop Korea di pasar global.