Senin, Oktober 13, 2025
29.3 C
Jakarta

Telkom Incar Cuan Digital Lewat AdXelerate, Siap Gandeng KAI, Himbara, dan UMKM!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom terus memperkuat langkahnya di bisnis digital advertising melalui platform AdXelerate. Melalui anak usahanya, PT Metra Digital Media (MDMedia), Telkom berkolaborasi dengan WPP Media Indonesia untuk mengembangkan ekosistem periklanan digital berbasis data.

Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom Indonesia, Seno Soemadji, mengatakan potensi pasar dari AdXelerate sangat besar. Menurutnya, peluang bisnis ini mencakup berbagai sektor industri dengan pendekatan yang lebih terarah.

“Dari kacamata retail saja industrinya sudah besar sekali. Pertanyaannya adalah bagaimana kita masuk ke targeted market. Dengan subscriber yang kita miliki di Telkomsel, kita bisa melihat perilaku mereka dan memahami audiens dengan lebih presisi,” ujar Seno dalam acara AdXelerate Executive Connect di Jakarta, Kamis (9/10).

Ia menambahkan, kolaborasi dengan berbagai pihak membuka akses pasar yang lebih luas. “Dengan dibukanya pintu dari Danantara, maka kita bisa masuk juga ke BUMN lain, seperti Himbara dan KAI. Termasuk juga menjangkau UMKM yang punya nilai ekonomi positif bagi mereka,” jelasnya.

Menurut Seno, potensi audiens yang dimiliki BUMN seperti KAI maupun perbankan pemerintah menjadi pasar strategis yang sebelumnya belum tergarap secara terintegrasi. “Dengan adanya platform ini, kita bisa mengakses sampai ke level tersebut,” kata Seno.

Soal target hingga akhir tahun, Seno menyebut pihaknya ingin meningkatkan skala bisnis dan memperbesar pangsa pasar. “Salah satu alasan kami menggandeng WPP karena mereka adalah agensi terbesar di Indonesia dan bagian dari jaringan global. Harapan kami, kerja sama ini bisa memperkuat posisi dan market share Telkom di bisnis digital advertising,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, Veranita Yosephine, menilai kontribusi AdXelerate bagi bisnis Telkom sudah mulai terlihat, meski belum signifikan. “Masih terlalu dini bicara dampak besar untuk Telkom karena kami baru membangun ini tahun lalu dan kini dalam tahap pengembangan. Kontribusinya sudah material, tapi belum terlihat signifikan di level grup karena Telkom skalanya sangat besar,” kata Veranita.

Meski begitu, ia optimistis AdXelerate akan menjadi salah satu bisnis penting di masa depan. “Kami percaya dengan strategi dan eksekusi yang tepat, bisnis ini akan tumbuh besar dan menjadi bagian penting dari ekosistem digital dan periklanan Telkom,” ujarnya.

Veranita juga menyebut potensi pertumbuhan bagi pelaku bisnis yang menggunakan AdXelerate cukup menjanjikan. “Kami berharap bisa mendorong pertumbuhan pendapatan single digit, bahkan double digit jika seluruh fitur AdXelerate dimanfaatkan secara maksimal,” ungkapnya.

Seno menegaskan, fokus utama pengembangan AdXelerate bukan hanya untuk pertumbuhan Telkom semata, tetapi juga memperkuat nilai ekosistem digital nasional. “Kita tidak melihat hanya dari sisi Telkom. Nilai manfaat yang kita bangun punya efek berganda, bukan hanya bagi Telkom, tapi juga bagi UMKM, industri, hingga masyarakat luas,” tutupnya.

Artikel Terkait

Telkom Gandeng WPP Media, Genjot Bisnis Iklan Digital Lewat AdXelerate

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)...

Ekspor Mobil Indonesia Tembus 100 Negara, Tahun Ini Ditarget 500 Ribu Unit!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Pemerintah terus mendorong perluasan pasar ekspor...

Ikuti Penjelasan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Soal Hilirisasi Sektor Pertanian

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Pemerintah terus memperkuat agenda hilirisasi sektor...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru