Jumat, Agustus 8, 2025
29.3 C
Jakarta

Strategi Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik 15,22% pada Ramadan dan Idulfitri 2024

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) siap menghadapi lonjakan trafik digital yang diperkirakan terjadi pada momen memperingati dan merayakan Ramadan serta Idulfitri 1445 H (RAFI 2024). Hal itu ditegaskan oleh Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, dalam keterangan resmi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Saki mengatakan, Telkomsel memproyeksikan adanya pertumbuhan trafik broadband mencapai 15,22% dibandingkan hari biasa pada 2024. Adapun aktivitas digital masyarakat yang diprediksi meningkat signifikan antara lain adalah online gaming sebesar 40,84%, komunikasi 25,49%, video streaming 22,61%, social media 11,14%, hingga e-commerce 9,17%.

“Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini,” terang Saki.

Menurut Saki, Telkomsel telah melakukan persiapan yang matang. Diantaranya dengan mengoptimalkan jaringan di 444 titik keramaian serta menerapkan standar arsitektur jaringan Autonomous Network berbasis kecerdasan buatan (AI). Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis untuk memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal komunikasi.

“Telkomsel juga menghadirkan berbagai promo spesial untuk menambah kebersamaan dan keberkahan bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia,” tambah Saki.

Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu, menjelaskan bahwa Perseroan telah melakukan langkah antisipatif dengan optimalisasi kualitas, kapasitas, dan teknologi jaringan di 444 titik keramaian di seluruh Indonesia. Titik-titik tersebut meliputi berbagai area, mulai dari pusat perbelanjaan, area transit transportasi, kawasan residensial, hingga jalur mudik dan kawasan ibadah. Penguatan kapabilitas jaringan ini dilakukan dengan memperbarui lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel yang mencakup hingga 97% wilayah populasi di Indonesia, demi mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.

Telkomsel juga telah mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network. Ini merupakan yang pertama di Indonesia. Dengan skema zero touch self-assurance berbasis kecerdasan buatan (AI), Telkomsel dapat lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis, untuk memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband secara andal dan efisien.

Prestasi Telkomsel dalam meningkatkan konektivitas broadband seluler secara merata dan setara di Indonesia telah diakui secara global. Telkomsel meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network sekaligus, serta gelar Best Mobile Network selama 5 kali berturut-turut dari Ookla® Speedtest Awards™.

“Konsistensi kami dalam menyediakan layanan terbaik untuk pelanggan adalah bukti dari dedikasi Telkomsel untuk terus berinovasi dan memperkuat infrastruktur konektivitas broadband demi memberikan pengalaman digital yang unggul bagi seluruh pelanggan kami,” jelas Galumbang.

Telkomsel memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal. Mulai dari Call Center 188 atau 147, 492 GraPARI, ATM Self-Service MyGraPARI, aplikasi MyTelkomsel beserta asisten virtual Veronika. Selain itu, akun media sosial resmi Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X (Twitter), sampai dengan lebih dari 350 ribu mitra outlet Telkomsel.

Gilang Prasetya, Senior Vice President Consumer Business Operations Telkomsel, menyatakan, “Telkomsel bertekad untuk menghadirkan layanan yang bukan saja inovatif dan terdepan, tetapi juga dapat saling menguatkan hubungan antar sesama yang penuh arti.”

Telkomsel juga menghadirkan berbagai promo spesial, mulai dari Paket Super Seru, program Ekstra Kuota untuk pelanggan Telkomsel Halo, penawaran Ultra Mesh Wi-Fi baru untuk internet rumah, hingga beragam paket langganan konten-konten yang menginspirasi selama Ramadan dan Idulfitri.

Selain itu, Telkomsel mengajak pelanggan untuk berbagi kebaikan kepada sesama melalui program social movement Mudik Hepi Telkomsel Poin periode 14 Maret – 5 April 2024, di mana pelanggan bisa menukarkan Poin mereka untuk membantu pemudik dari kalangan masyarakat yang membutuhkan.

Dengan semangat #BersamaKitaBerkah, Telkomsel mengundang pelanggan untuk merayakan Ramadan dan Idulfitri dengan penuh makna. Informasi lengkap mengenai program dan penawaran spesial Telkomsel selama RAFI 2024 dapat ditemukan di telkomsel.com/bersamakitaberkah.

Artikel Terkait

PP Persero Tanam 720 Bibit Magrove, Dukung Pelestarian Lingkungan Pesisir

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia...

Anak Usaha ADHI, PLN dan Pemkot Jakarta Timur Resmikan SPKLU di Kawasan TOD Ciracas

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP),...

Dukung Target 3 Juta Rumah, SIG Gandeng Asatu Realty Bangun 500 Rumah di Cianjur!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR)...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru