STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Avia Avian Tbk (AVIA) mencatatkan kinerja positif pada berbagai indikator keuangan sepanjang tahun 2024. Kinerja ini tercermin pada pencapaian double-digit volume penjualan kuartal III 2024 yang tumbuh sebesar 12,1% secara year-on-year, dan meningkat 14,7% secara quarter-on-quarter dibandingkan periode kuartal II sebelumnya.
Pertumbuhan volume penjualan ini utamanya didukung oleh segmen cat tembok yang naik double-digit secara year-on-year dan quarter-on-quarter. Pencapaian tersebut selaras dengan strategi AVIA untuk terus memperkuat posisinya di segmen cat tembok.
Realisasi total penjualan konsolidasi sampai dengan sembilan bulan 2024 mencapai Rp5,405 triliun. AVIA membukukan kinerja yang positif sebesar 4,7% meskipun dihadapkan dengan kondisi ekonomi yang menantang.
Pencapaian ini juga diikuti dengan realisasi laba kotor mencapai Rp2,405 triliun dengan marjin sebesar 44,5%, serta EBITDA yang tercatat sebesar Rp1,430 triliun dengan marjin 26,5% selama periode sembilan bulan pertama tahun 2024. Tidak hanya itu, pada periode yang sama, laba bersih konsolidasi berhasil dicatatkan sebesar Rp1,160 triliun, dengan marjin sebesar 21,5%.
Didukung dengan fasilitas research, development, and innovation (RDI) yang solid serta lebih dari 80 ahli kimia berkualitas, AVIA menghadirkan empat produk baru selama periode kuartal ketiga tahun ini, diantaranya Supersilk Semi Kilap untuk segmen cat tembok kelas premium, No Drop Beton & Batu Alam untuk segmen pelapis anti bocor, Avian Non-Sag Epoxy Hemat untuk segmen lem/adhesive, dan GM 385 Perekat Bata Ringan untuk segmen semen instan.
Dari keempat produk tersebut, No Drop Beton & Batu Alam telah bersertifikasi Green Label Singapore, menggambarkan komitmen AVIA untuk terus mengembangkan produk ramah lingkungan.
Inovasi produk ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan AVIA yang ditujukan untuk mencapai pertumbuhan usaha dalam jangka panjang dan memperkuat posisi Perseroan sebagai pemimpin pasar cat dekoratif di Indonesia. Strategi ini juga disertai dengan ekspansi pusat distribusi yang konsisten untuk memaksimalkan penetrasi produk di pasar nasional.
Sebagai informasi, saat ini AVIA mengoperasikan sebanyak total 162 pusat distribusi yang terdiri dari 123 pusat distribusi yang dimiliki sendiri dan 39 pusat distribusi pihak ketiga. Selain itu, AVIA juga didukung oleh 15 pusat distribusi mini yang mampu menjangkau hingga ke pelosok Indonesia.
Jaringan distribusi AVIA tersebar di 38 provinsi di Indonesia dan telah melayani lebih dari 57.000 toko bahan bangunan. Dengan kemampuan jaringan distribusi ini, AVIA menawarkan jasa pengiriman ekspres, yakni pengiriman barang dalam waktu 2 jam setelah pemesanan. Keunggulan kompetitif ini membedakan AVIA dari perusahaan cat lainnya serta menjadikan AVIA mitra yang andal bagi toko bangunan dalam mencapai pertumbuhan bisnis dan profitabilitas.
Di samping inovasi produk dan strategi ekspansi, AVIA juga menjalankan berbagai inisiatif program lainnya yang ditujukan untuk membangun loyalitas, bukan hanya dari toko bangunan sebagai pelanggan langsung dari AVIA, namun juga dari para tukang cat. AVIA juga aktif menyelenggarakan event gathering secara rutin untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan para pelanggan dalam jangka panjang.
Kedepannya, inovasi produk dan ekspansi pusat distribusi akan terus berlanjut, disertai dengan beragam program pemasaran lainnya. Di tengah tantangan ekonomi nasional dan ketidakpastian ekonomi global, AVIA terus berfokus pada eksekusi strategi bisnisnya untuk memenangkan pangsa pasar dan mencapai pertumbuhan usaha yang berkelanjutan. (*/yan)