STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) kembali mencetak prestasi membanggakan di kancah global. BTN berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang Global Brand Awards 2025 yang digelar oleh Global Brands Magazine, sebuah media internasional ternama yang berbasis di Inggris.
Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan BTN dalam melakukan transformasi brand image sebagai bank yang fokus mendukung sektor perumahan di Indonesia, terutama melalui inovasi digital. Acara penganugerahan berlangsung pada Jumat, 13 Juni 2025, di Grand Hyatt Hotel, Dubai, Uni Emirat Arab.
Dua penghargaan yang dibawa pulang BTN adalah kategori Best Mortgage Bank dan Best Savings Bank. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Network and Retail Funding BTN, Rully Setiawan.
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, menyampaikan apresiasinya atas penghargaan internasional yang diberikan kepada perseroan. Menurut Nixon, ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan BTN dalam menjalankan transformasi secara menyeluruh.
“Kami merasa berbangga karena Brand BTN yang sudah kuat mendapat pengakuan internasional. Ini berkat kerja keras kami yang konsisten dalam transformasi perseroan secara menyeluruh. Kami berharap penghargaan ini dapat semakin memacu semangat para BTNers untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya dan menciptakan inovasi-inovasi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era yang penuh tantangan,” ujar Nixon dalam keterangan tertulisnya, Minggu, (15/6/2025).
Penghargaan Best Savings Bank sejalan dengan strategi BTN yang menargetkan peningkatan dana murah atau current account savings account (CASA) hingga lebih dari 60%. Strategi ini ditempuh melalui peningkatan tabungan dan giro demi memperkuat struktur pendanaan perseroan ke depan.
Global Brand Awards dikenal sebagai salah satu ajang penghargaan prestisius di tingkat internasional. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dianggap mampu menciptakan terobosan luar biasa dalam meningkatkan kualitas layanan dan membangun brand excellence.
Tercatat lebih dari 18.000 perusahaan dari berbagai negara berpartisipasi dalam proses seleksi yang ketat. Penilaian dilakukan secara independen oleh lembaga riset eksternal yang menganalisis data teknikal dan fundamental serta presentasi daring dari masing-masing perusahaan.
BTN dinilai berhasil membangun citra brand sebagai pemimpin pasar kredit pemilikan rumah (KPR) di Indonesia. BTN menguasai pangsa pasar KPR nasional sebesar 40,8% dan KPR subsidi sebesar 82,2% pada tahun 2024.
Nixon menyatakan bahwa BTN terus memainkan peran penting dalam pengembangan ekosistem perumahan nasional. BTN disebut sebagai penggerak utama dalam mengurangi backlog perumahan melalui penyediaan akses pembiayaan KPR subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
“BTN telah terbukti menjadi key enabler dalam mengurangi backlog perumahan nasional, serta mendukung upaya pemerintahan Presiden Prabowo Subianto melalui penyediaan akses kepada pembiayaan KPR Subsidi untuk kepemilikan perumahan layak dan terjangkau terutama di kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” ujar Nixon.
Selain itu, BTN juga dinilai sukses dalam menghadirkan solusi inovatif lewat digitalisasi layanan KPR melalui aplikasi Bale by BTN. Super App ini menjadi platform layanan digital terintegrasi yang mampu memberikan solusi menyeluruh untuk kebutuhan properti masyarakat Indonesia.
Nixon menegaskan bahwa transformasi digital BTN bertujuan menyediakan layanan end-to-end secara seamless bagi seluruh pihak di sektor perumahan, mulai dari pengembang hingga nasabah. Bale by BTN kini telah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna untuk pengajuan KPR secara online.
“Tujuan strategis BTN dalam transformasi digitalnya adalah menawarkan solusi yang komprehensif atau end-to-end secara seamless bagi semua pihak di sektor perumahan, termasuk di antaranya pengembang dan nasabah. Inovasi kami melalui Bale by BTN telah diakui sebagai solusi yang unik dan berbeda dari para pemain lainnya, terbukti dari layanan pengajuan KPR secara online melalui aplikasi yang telah mencapai satu juta lebih hingga kini,” kata Nixon.
Transformasi digital ini juga dinilai meningkatkan value proposition BTN dalam rantai pasok perumahan nasional. Kehadiran BTN di pasar semakin dikenal, dipercaya, dan memberikan nilai tambah yang berbeda bagi nasabah.