STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) berhasil membukukan kinerja keuangan yang cemerlang pada semester I 2025. Perusahaan mencatatkan laba bersih sebesar Rp48,4 miliar, berbalik dari rugi bersih Rp41,7 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Laba usaha juga mengalami peningkatan signifikan dari rugi usaha Rp68,7 miliar menjadi laba usaha Rp51,8 miliar.
Pertumbuhan laba ini didorong lonjakan penjualan bersih yang naik 25,6% menjadi Rp1,1 triliun dari sebelumnya Rp853,7 miliar. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan domestik yang tumbuh 46,2% menjadi Rp737,1 miliar. Segmen perawatan kulit dan makeup mencatatkan pertumbuhan tajam 36,4% menjadi Rp404,2 miliar. Produk wangi-wangian naik 33,9% menjadi Rp257,4 miliar, sedangkan segmen perawatan rambut naik 11,2% menjadi Rp401,2 miliar.
Sementara itu, penjualan ekspor justru turun 4,1% menjadi Rp335,2 miliar. Namun demikian, secara keseluruhan kinerja tetap positif karena beban pokok penjualan hanya naik tipis 4,7%. Hal ini turut mendorong perbaikan rasio beban pokok terhadap penjualan bersih dari 86,1% menjadi 71,8%. Alhasil, laba kotor melonjak lebih dari dua kali lipat dari Rp118,7 miliar menjadi Rp302,9 miliar.
“Di paruh pertama tahun ini kami berhasil menjaga kenaikan beban pokok penjualan sehingga laba kotor dapat tumbuh signifikan hingga lebih dari dua kali lipat dibanding capaian pada periode semester pertama tahun lalu,” ujar Presiden Direktur/CEO Mandom Indonesia, Koichi Watanabe dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (29/7/2025).
Koichi menambahkan perusahaan telah menyiapkan berbagai strategi untuk menjaga momentum pertumbuhan kinerja sepanjang tahun. Salah satu fokus utama adalah pengembangan produk baru melalui percepatan inovasi dan peningkatan penetrasi pasar.
“Kami akan berupaya untuk mencatatkan kinerja yang positif di tahun 2025 didukung dengan berbagai strategi yang telah kami persiapkan,” katanya.
Produk kategori hair styling dari GATSBY menjadi salah satu prioritas yang ingin terus diperkuat. Selain mempertahankan posisi GATSBY sebagai pemimpin pasar, Mandom juga ingin memperluas segmen konsumen. Perusahaan juga memprioritaskan merek PIXY yang baru saja melakukan rebranding pada akhir 2024.
“Pasar kosmetik wanita masih tumbuh dengan baik di tahun ini dan untuk itu kami akan memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan sejumlah produk baru inovatif dari PIXY,” tutup Koichi.