Jumat, September 26, 2025
30.9 C
Jakarta

Empat Lini Bisnis Solid, Danamon Bukukan Laba Rp2,3 Triliun per September 2024

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) atau disebut Danamon secara konsisten mencatat pertumbuhan bisnis yang kuat sepanjang periode Januari sampai dengan September 2024. Ini didukung oleh dari empat lini bisnis utama, yaitu Enterprise Banking & Financial Institution, SME Banking, Consumer Banking dan Adira Finance, yang menunjukkan kinerja yang solid. Hal itu dikemukakan D. Ejima, Direktur Utama Danamon, dalam keterangan resmi, Rabu (30/10/2024).

Ejima mengemukakan, total kredit, termasuk Trade Finance meningkat 12% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp186,5 triliun. Dari sisi pendanaan, total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat 14% YoY menjadi Rp148,9 triliun, sementara Pendanaan Granular juga tumbuh sebesar 11% YoY.

 

Ejima menjelaskan, pertumbuhan ini ditopang oleh kualitas aset yang sehat. Ini tercermin dari rasio Loan at Risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) yang membaik 80 basis points (bps) menjadi 11,5%. Rasio Non-Performing Loan  bruto membaik sebesar 30 bps menjadi 2,0% yang diikuti juga dengan membaiknya Rasio Cakupan Non-Performing Loan  menjadi 272,3%, naik dari 252,7% pada tahun sebelumnya.

“Kinerja yang kuat ini tercermin pada pendapatan operasional yang tumbuh sebesar 7% menjadi Rp14,2 triliun per September 2024. Laba operasional sebelum pencadangan (PPOP) juga tumbuh sebesar 5% menjadi Rp6,3 triliun. Pencapaian tersebut menghasilkan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp2,3 triliun,” katanya.

Sejalan dengan pertumbuhan bisnisnya yang kuat, Danamon akan melanjutkan fokus pada ekosistem yang disasar dan terus bertransformasi dan berkolaborasi dengan MUFG dan anggota groupnya sebagai One Financial Group untuk memberikan produk keuangan yang holistik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Danamon, sebagai bank yang didukung oleh jaringan global dan lokal bersama MUFG sebagai perusahaan induk, dan grup perusahaan: Adira Finance, Zurich Asuransi Indonesia, Home Credit Indonesia dan Mandala Finance serta mitra strategisnya, berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai One Financial Group.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya Danamon agar dapat selalu dan terus menjadi mitra keuangan yang terpercaya, berorientasi pada pelanggan, serta senantiasa berinovasi demi memenuhi kebutuhan finansial pemegang saham, nasabah, karyawan, dan regulator dengan menyediakan solusi keuangan menyeluruh untuk terus tumbuh bersama.

Kolaborasi Danamon dan anggota grupnya tercermin pada rangkaian perayaan hari jadi Danamon yang ke-68 tahun, Danamon menyelenggarakan “DXPO by Danamon 2024” di Jakarta dan Makassar dengan tujuan untuk menampilkan jaringan luas Danamon bersama grup perusahaannya, yang menawarkan solusi keuangan menyeluruh yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, serta untuk mengapresiasi nasabah atas kepercayaan dan loyalitasnya terhadap Danamon selama ini.

Selain itu, Danamon juga menyelenggarakan serangkaian inisiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sebagai bagian dari komitmennya terhadap tanggung jawab sosial dan keberlanjutan lingkungan, termasuk Program Pengembangan Keterampilan dan Literasi Self-Branding untuk 68 penyandang disabilitas yang bermitra dengan Yayasan Sunyi Harapan Indonesia, yang mencerminkan dedikasi Danamon untuk memberdayakan kelompok masyarakat rentan.

Danamon juga terus menunjukkan komitmen untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat yang terus berkembang melalui peluncuran produk tabungan Danamon Lebih PRO. Langkah ini menunjukkan fokus bank terhadap layanan valuta asing dalam  memenuhi kebutuhan nasabah.

Sedangkan pada sektor keberlanjutan, Danamon menekankan kembali komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan melalui berbagai inisiatif yang sejalan dengan tujuan penciptaan nilai jangka panjangnya, yang mencakup acara perdana MUFG Net Zero World (MUFG N0W) yang diselenggarakan bersama MUFG untuk mendukung tujuan transisi energi pemerintah Indonesia.

“Pencapaian ini menunjukkan bahwa Danamon berada di jalur yang tepat dalam menjalankan strategi dan investasi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Kami akan terus tumbuh sebagai One Financial Group dan menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi pada nasabah,” ujarnya. (*/yan)

Artikel Terkait

Sepanjang 2025: Inflow SBN Rp42,6 Triliun, Outflow Saham Rp58,7 Triliun, SRBI Rp119,6 Triliun

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Di tengah gejolak pasar keuangan global,...

United Tractors Jual Alat Berat Komatsu 3.408 Unit per Agustus 2025, Naik 16%

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Penjualan alat berat Komatsu milik PT...

Pasca Diakuisisi Manulife, Bagaimana Nasib Karyawan Schroders? Ini Kata Bos MAMI!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA)  –– PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI)...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru