Kamis, Agustus 7, 2025
34.5 C
Jakarta

Pendapatan dan Laba MSIN Kompak Tumbuh di Semester I 2025, Dua Platform Ini Jadi Penopang Utama

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) mencatat kinerja keuangan solid pada semester I 2025. Pendapatan tumbuh 14,7% menjadi Rp1,873 triliun semester I 2025, dari Rp1,63 triliun pada periode sama tahun 2024. Adapun laba bersih Perseroan naik 4,34% menjadi Rp316,96 miliar pada semester I 2025 jika dibandingkan Rp303,79 miliar pada semester I 2024.

Pertumbuhan pendapatan paruh pertama 2025 ini didorong oleh pendapatan dari segmen streaming over-the-top (OTT), seperti RCTI+ dan Vision+. Pasalnya, kedua platform OTT milik MSIN menunjukkan pertumbuhan jumlah pelanggan berbayar menjadi 4,1 juta pelanggan, naik 43,85% dari 2,85 juta pada periode sama 2024.

Pengguna aktif bulanan (MAU) mencapai 109 juta, sedikit lebih rendah dari tahun sebelumnya, mencerminkan pergeseran strategi menuju penawaran yang lebih premium yang meningkatkan monetisasi jangka panjang. Hal ini didorong oleh langkah perseroan yang dengan sengaja mengurangi konten gratis dan berfokus pada konversi pelanggan.

Seperti diketahui, pendapatan dari segmen OTT MSIN naik 10% year on year (YoY) menjadi Rp731 miliar pada semester I 2025. Adapun EBITDA tumbuh 21% YoY mencapai Rp214 miliar pada periode yang sama. RCTI+ dan Vision+ berkontribusi sebesar 39% terhadap kinerja pendapatan MSIN sepanjang semester I 2025. Kedua platform itu juga berkontribusi 41% terhadap pertumbuhan EBITDA MSIN.

Pilar utama kesuksesan MSIN di OTT terletak pada arsitektur kontennya yang terkalibrasi dengan baik, dirancang dengan cermat untuk menjangkau beragam segmen audiens dan memperdalam engagement pengguna. RCTI+ terus menarik dan mempertahankan pengguna melalui beragam format konten yang dinamis, termasuk drama mikro yang sangat populer, tayangan RCTI+ originals, siaran simulcast free-to-air (FTA), dan penawaran TV catch-up yang komprehensif.

Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group dalam keterbukaan informasi ke BEI, Kamis (07/8/2025), mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan kinerja RCTI+ dan Vision+ yang kuat di semester pertama 2025. Pertumbuhan pelanggan berbayar dan engagement pengguna mencerminkan keberhasilan strategi MSIN.

“Sebagai pemimpin di industri OTT Indonesia, kami berfokus untuk mempercepat momentum ini dengan konten inovatif dan strategi digital yang gesit, yang semakin memperkuat posisi kami di pasar,” katanya. (konrad)

Artikel Terkait

Naik 0,49%, IHSG Sesi I Rehat di 7.540,766

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada...

Besok, Produsen Tepung Tapioka Ini Mulai Buyback Saham, Segini Duit yang Digelontorkan

STOCKWATCH.ID (JAKARTA)- PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BUDI)...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru