Kamis, Agustus 7, 2025
27.7 C
Jakarta

Penjualan ACES Tumbuh 7,2% di Kuartal I 2025, Lanjutkan Momentum Pasca Rebranding!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) –  PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) atau dahulu bernama PT Ace Hardware Indonesia (ACES) berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan positif  pada kuartal I 2025. Hal ini didorong oleh peluncuran merek AZKO, peningkatan aktivitas belanja selama periode Ramadhan dan Lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid.

Pada kuartal I 2025, Perusahaan mampu membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2% menjadi Rp2,14 triliun, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya . Pencapaian ini turut ditopang oleh pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 2,2% selama Januari-Maret 2025.

Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan 30,62%, dari Rp204,82 miliar pada kuartal I 2024 menjadi Rp141,60 miliar pada kuartal I 2025.

Penurunan yang terjadi telah diperkirakan sebelumnya seiring peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada kuartal II, serta kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO.

Namun, jika melihat kinerja operasional di luar faktor THR, Perusahaan masih mencatatkan pertumbuhan laba operasi sekitar 4%. Manajemen tetap optimistis dapat meraih pertumbuhan laba bersih yang positif untuk tahun penuh 2025.

“Kami melihat respon positif dari pelanggan terhadap peluncuran merek AZKO, yang menjadi tonggak penting setelah 30 tahun kami melayani masyarakat Indonesia. Antusiasme pelanggan juga tercermin dari sambutan yang baik di setiap pembukaan toko baru di berbagai kota.  Dengan strategi yang mengedepankan relevansi terhadap kebutuhan pelanggan, perluasan jangkauan, serta penguatan pengalaman belanja yang seamless dan terintegrasi, kami yakin berada di jalur yang tepat untuk terus tumbuh secara berkelanjutan,” ujar Gregory S. Widjaja, Direktur ACES dalam siaran pers, Jumat (02/5/2025).

Gregory melanjutkan, di sisa sembilan bulan tahun 2025 ini, berbagai inisiatif telah disiapkan oleh Perseroan untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun social.

Untuk tahun 2025, jelas Gregory, Manajemen Perusahaan telah menetapkan alokasi belanja modal (Capital Expenditure/CapEx) sebesar Rp250 – Rp300 miliar dengan realisasi Capex yang tercatat hingga akhir bulan Maret 2025 sebesar Rp43,55 miliar.

 

“Alokasi capex ini difokuskan untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan melalui ekspansi pembukaan 25 hingga 30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta inovasi konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan,” ungkapnya.

Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, papar Gregory, sepanjang kuartal pertama 2025, Perusahaan membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Bersamaan dengan langkah ini, Perusahaan juga menjalankan program AZKO Berbagi Cahaya sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, dengan mendukung efisiensi energi melalui pemberian Lampu LED KRISBOW Hemat Energi di dua rumah ibadah terbesar di Abepura, yakni Gereja GKI Tanah Papua PNIEL dan Masjid Agung As-Sholihin.

Menurut Gregory, program ini mencerminkan kontribusi nyata bagi komunitas sekaligus mendukung pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, Perusahaan juga menghitung serapan karbon lebih dari 4.000 pohon yang telah ditanam di berbagai area menggunakan metode alometrik, dengan hasil serapan mencapai 1.539 ton CO₂eq. “Inisiatif ini mencerminkan komitmen Perusahaan dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang secara bertahap area serapan karbon akan diperluas guna enghasilkan dampak lingkungan yang nyata dan berkelanjutan.

Ke depan, lanjutnya, Perusahaan juga akan terus memperkuat posisinya di industri ritel Indonesia melalui pengembangan portofolio produk dari 52 home brands yang telah dikenal dekat dengan pelanggan, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya.

Perusahaan juga akan mengoptimalkan layanan omnichannel melalui aplikasi ruparupa sebagai wujud “the future of retail”, serta menghadirkan solusi kebutuhan rumah dan hidup dari A sampai Z dengan layanan komprehensif dan ide-ide kolaboratif.

“Dengan semangat #DariSiniBisaLebih, kami berkomitmen terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, serta mendorong terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan pendekatan yang adaptif dan terukur,”katanya. (konrad)

Artikel Terkait

Laba SBMA Melejit 26,84%, Pendapatan Juga Naik di Semester I-2025!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk...

Ini Cara Aktivasi Rekening Dormant BNI

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk...

Dolar AS Menguat, Pasar Tunggu Pengganti Gubernur The Fed Pilihan Trump

STOCKWATCH.ID (WASHINGTON) – Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS)...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru