STOCKWATCH.ID (JAKARARTA) – Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi mengatakan, XL Axiata terus meningkatkan kualitas jaringan sebagai penopang utama layanan konvergensi, dan telah berhasil meningkatkan performa jaringan dan pengalaman pelanggan.
Komitmen XL Axiata memperkuat jaringan tercermin dari pengeluaran belanja modal (Capex) sekitar Rp1,24 triliun, yang mayoritas untuk mendukung kebutuhan ekspansi dan peningkatan kualitas jaringan.
Menurut Rajeev, hingga akhir kuartal I 2025, total jumlah BTS XL Axiata mencapai lebih dari 164 ribu BTS, termasuk BTS 4G. Jumlah BTS 4G meningkat 7% dibandingkan periode yang sama tahun 2024 dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 63% (fiberized).
Investasi dan strategi jaringan telah berhasil meningkatkan kualitas jaringan yang lebih baik untuk mendukung penggunaan layanan yang lebih tinggi. “Ini terbukti dengan trafik layanan yang tumbuh lebih dari 9% YoY, mencapai 2.848 Petabyte,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (06/5/2025).
Di sisi lain, papar Rajeev, PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom secara resmi telah melebur menjad entitas baru PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (“XLSMART” atau “IDX: EXCL”) efektif sejak tanggal 16 April 2025.
Momen bersejarah ini menandai dimulainya babak baru dalam era digital Indonesia, dengan XLSMART siap untuk mendefinisikan ulang konektivitas, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Nusantara. Dengan pangsa pasar gabungan 25%, proyeksi pendapatan proforma Rp45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSMART menargetkan menjadi perusahaan yang paling dicintai di Indonesia pada 2027.
Seperti diketahui, XLSMART bertujuan menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan menyatukan kekuatan saling melengkapi dari XL Axiata dan Smartfren di bawah satu kepemimpinan dan visi bersama akan menjadi pemimpin laju transformasi digital Indonesia.
XLSMART akan tetap mengoperasikan merek-merek andalan untuk melayani pelanggan mobile seluler dan home broadband melalui XL, AXIS, dan Smartfren maupun pelanggan UMKM dan korporasi melalui XLSMART for Business. Dengan lebih dari 94,5 juta pelanggan, setiap koneksi sangat berarti, dan kami berkomitmen memberikan layanan yang andal, inklusif, dan transformatif. (konrad)