STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), membukukan penjualan sebesar Rp430,28 miliar sepanjang tahun 2023. Angka tersebut naik 90.54% dibanding tahun sebelumnya.
Direktur Utama BIKE, Andrew Mulyadi mengatakan untuk tahun mendatang, manajemen menargetkan pendapatan tunbuh sekitar 22% menjadi sebesar Rp 550 miliar. Adapun laba Perseroan diproyeksikan mencapai Rp 30 miliar, melonjak 36% ketimbang Rp19,2 miliar pada 2023 .
“Kami percaya bahwa kerjasama dan fokus yang kuat terhadap pencapaian target yang ditetapkan akan menjadikan BIKE terus berkembang dan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan,” ungkap Andrew dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BIKE pada Kamis (16/5/2024).
Peningkatan penjualan ini tidak terlepas dari pengembangan kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik. Sejak tahun 2022, BIKE menjalin kerjasama dengan PT Terang Dunia Internusa Tbk dalam pengadaan sepeda listrik (United Bike), yang mengalami lonjakan permintaan dan memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan perusahaan selama tahun 2023. Melalui kemitraan ini, BIKE juga ditunjuk oleh PT Terang Dunia Internusa Tbk sebagai distributor tunggal untuk menyalurkan produk motor listrik United E-Motor, serta sepeda dan sepeda listrik United Bike, Genio, dan Avand.
Untuk mencapai target-target kinerja di atas, BIKE telah menyiapkan sederet strategi. Perseroan meyakini taktik tersebut dapat meningkatkan omset
penjualan. Salah satu strategi BIKE dalam menggenjot pendapatan adalah melakukan ekspansi bisnis melalui pembukaan outlet – outlet baru di sejumlah kota besar Tanah Air.
“Hingga tahun 2026, kami menargetkan pembukaan toko retail sejumlah 100 toko per tahun yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Kami turut membuka peluang keagenan retail bagi siapa saja yang ingin memulai usahanya di bidang sepeda, sepeda listrik dan motor listrik,” tambah Andrew.
Untuk diketahui, BIKE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis perdagangan besar sepeda. Perseroan selalu berupaya untuk memperkuat pangsa pasar dan meningkatkan daya saing. Itu dilaksanakan melalui produk-produk inovatif yang ramah lingkungan dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga, ini dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan bagi BIKE.