Sabtu, Juli 20, 2024
28.4 C
Jakarta

Dorong Anggota IPO, KADIN Indonesia Gandeng BEI

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan peran Pasar Modal Indonesia sebagai alat investasi kepada para pelaku usaha, Bursa Efek Indonesia (BEI) menggandeng KADIN Indonesia. Sinergi antara kedua lembaga ini diwujudkan melalui  penandatanganan Nota Kesepahaman di Main Hall BEI pada Selasa (06/12). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid dan Direktur Utama BEI Iman Rachman.

Melalui kolaborasi ini, para anggotan KADIN Indonesia dapat memanfaatkan Pasar Modal sebagai sarana untuk memperoleh pendanaan baik untuk memperluas jangkauan pasar maupun memajukan bisnis. Salah satunya, dengan melakukan Penawaran Umum Perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Dengan melakukan IPO, perusahaan dapat menawarkan sahamnya kepada masyarakat dan nantinya akan mendapatkan modal tambahan. Jika perusahaan memiliki kredibilitas dan citra bisnis yang lebih baik, hal tersebut akan lebih mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, sebagai rumah bagi dunia usaha, institusi yang ia pimpin memiliki banyak anggota potensial untuk tumbuh berkembang melalui IPO dan menjadi perusahaan terbuka. “Namun, saat ini masih banyak perusahaan di Indonesia yang belum menjadi perusahaan publik dikarenakan kurangnya pengetahuan pasar modal dan informasi mengenai IPO,” ucap Arsjad, ditulis Rabu (7/12/2022).

Arsjad menambahkan, penandatanganan nota kesepahaman ini  juga dapat membantu mendorong UMKM menjadi perusahaan yang siap IPO. “Maka dari itu, KADIN Indonesia melakukan sosialisasi dan coaching clinic untuk mengedukasi pelaku usaha terkait pentingnya IPO dan persyaratan yang dibutuhkan untuk IPO. Selain upaya peningkatan pemahaman pasar modal, KADIN juga akan ikut mendorong investor yang ada di Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia,” tambahnya.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, “BEI harap kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik melalui berbagai kegiatan dan program bersama bagi para anggota KADIN. Semoga kolaborasi ini dapat menjadi awal yang baik untuk bersama membangun Indonesia melalui peningkatan jumlah investor, terutama investor lokal atau individu yang akan menjadi pondasi kokoh bagi keberlangsungan pasar modal dan perekonomian yang lebih maju.”

Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Yukki N. Hanafi, Kepala Badan Kebijakan Moneter dan Jasa Keuangan Tigor M. Siahaan, serta Anggota Wakil Kepala Badan Kebijakan Moneter dan Jasa Keuangan Bidang Pasar Modal Samsul Hidayat.

Artikel Terkait

Bisnis Kargo Garuda Terbang 40,6% di Awal 2024

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA)...

Delta Dunia Makmur Dirikan Anak Usaha Baru, Begini Dampaknya!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID)...

Prabowo Yakin Indonesia Tumbuh 8%, Berani Taruhan dengan Menteri Negara Tetangga!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Presiden terpilih dan Menteri Pertahanan, Prabowo...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru