Kamis, Juli 25, 2024
26.7 C
Jakarta

Melihat Lagi Daftar Produk Baru BEI dan Sejumlah Penghargaan yang Disabet

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Salam acara press conference akhir tahun 2022, di Gedung BEI Jakarta, Kamis (29/12/2022), Iman Rachman, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membeberkan lagi sejumlah produk dan layanan baru yang telah diluncurkan sepanjang tahun ini. Bukan itu saja, Bos BEI tersebut juga memamerkan sederet penghargaan yang telah disabet institusi yang ia nahkodai. 

Iman mengemukakan, selama tahun 2022, BEI telah meluncurkan sejumlah produk dan layanan baru. Itu antara lain adalah Notasi Khusus “N” yakni Notasi Khusus untuk perusahaan tercatat yang menerapkan saham dengan hak suara multipel pada akhir Januari 2022. Kemudian integrasi e-Registration dengan Sistem Pengelolaan Rekening Terintegrasi (SPRINT) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Februari 2022. Lalu, penutupan kode domisili investor pada Juni 2022.

Selain itu, produk baru sebagai tambahan alternatif produk investasi bagi investor yakni Waran Terstruktur pada 19 September 2022. Lantas,Indeks IDX Sharia Growth pada Oktober 2022. Indeks IDX LQ45 Low Carbon Leaders pada November 2022 dan ESG Scoring pada Perusahaan Tercatat. BEI juga merilis Papan Pencatatan baru yakni Papan Utama – Ekonomi Baru. Papan pencatatan ini memiliki sejumlah persyaratan seperti menggunakan teknologi untuk menciptakan inovasi produk atau jasa yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

“Peluncuran Papan Utama – Ekonomi Baru ini disertai dengan peluncuran Notasi Khusus baru untuk mengidentifikasi perusahaan yang masuk ke dalam papan tersebut yakni Notasi Khusus “I” dan “K”, imbuhnya.

Kecuali meluncurkan sejumlah produk dan layanan baru, selama tahun ini BEI juga kembali meraih beragam penghargaan. Sebut saja, The Best Islamic Capital Market 2022 pada Global Islamic Finance Awards (GIFA). Penghargaan ini berhasil diraih BEI secara berturut-turut sejak tahun 2019. Ditambah lagi, BEI juga diberikan predikat sebagai The Best Stock Exchange in Southeast Asia 2022 oleh Alpha Southeast Asia dengan penilaian yang komprehensif pada 12 Desember 2022.

Predikat tersebut diberikan berdasarkan pelaksanaan kegiatan edukasi investor, penambahan jumlah investor serta perusahaan tercatat, pengembangan infrastruktur, peningkatan compliance level dari stakeholders, implementasi Good Corporate Governance (GCG) yang baik, implementasi manajemen risiko, peningkatan disclosure level sehingga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri dari pelaku dan investor di pasar modal Indonesia. Seluruh pencapaian tersebut tentunya berhasil diraih atas bantuan dari OJK, Self-Regulatory Organization (SRO), serta seluruh stakeholders pasar modal Indonesia”,”beber Iman.

Artikel Terkait

Obral Diskon! Tiket Garuda Indonesia Turun Harga Hingga 80% di SOTF

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA)...

Kenapa Malam Jadi Dingin Banget di Musim Kemarau? Ini Penjelasannya

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Belakangan ini, suhu udara di beberapa...

Rayakan Ulang Tahun ke-68, Danamon Buka DXPO di Central Park!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk merayakan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru