STOCKWATCH.ID (SEOUL) – KBRI Seoul bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dan Kementerian Perdagangan memboyong produk-produk UMKM binaan BNI dalam event Imported Goods Fair (IGF) 2022. Langkah ini diharapkan dapat terus mendorong kinerja transaksi ekspor Indonesia terutama di Korea Selatan.
Ajang pameran yang diselenggarakan pada 23-25 Juni 2022 di Coex Seoul ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Korea Importers Association (KOIMA). Event ini k bertujuan mendukung produsen dan supplier luar negeri untuk mempromosikan produk-produk kepada importir dan konsumen di Korea Selatan.
Dalam acara tersebut juga ditandatangani Nota Kesepahaman (MOU) antara BNI dan KOIMA. Adapun BNI diwakili oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies sedangkan KOIMA dilakukan oleh Executive Vice Chairman KOIMA Kim Young-Sun.
Penandatanganan MOU ini mencakup kerjasama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan. Acara ini disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto serta Chairman & CEO KOIMA Kim Byung-Kwan.
Pada event IGF tahun ini, Paviliun Indonesia membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora. Para pengusaha “wong cilik” yang ikut berpartisipasi mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk-produk unggulannya. Misalnya, mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara hingga kopi dan produk makanan.
Menurut Corina Leyla Karnalies, Direktur Bisnis Konsumer BNI, Negeri K-Pop ini memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia. Pasalnya, sekitar 82% penduduk Korea Selatan tinggal di perkotaan dan memiliki usia harapan hidup terpanjang.
Sepanjang Januari–Mei 2022, BNI mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62%.
“Dengan adanya kerjasama BNI dengan KOIMA kami mengharapkan BNI dapat menjadi pintu gerbang pagi perusahaan Indonesia untuk masuk ke pasar Korea Selatan yaitu dengan secara langsung mempertemukan dengan importirnya, sekaligus menguatkan peran kami sebagai bank global asal Indonesia,” pungkas Corina.
Kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini akan memberikan dampak langsung kepada nasabah Xpora. Terlebih, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.
Untuk terus menggali potensi pasar di Korea Selatan, BNI telah bekerjasama dengan KBRI di Korea Selatan dan Kementerian Perdagangan. Termasuk diantaranya dengan mendorong kolaborasi bersama diaspora.
“Hal ini merupakan upaya untuk menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, serta mendorong UMKM dalam negeri untuk masuk pasar internasional, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri. Kami juga menyediakan fasilitas permodalan bagi para pelaku UMKM diaspora,” pungkas