STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Hasil riset sindikasiyang diterbitkan oleh MarkPlus QuickSurvey dengan tajuk Employer Branding Index 2022 menguak beberapa fakta menariksoal tempat kerja ideal yang didambakan oleh Generasi Z. MarkPlus QuickSurvey melibatkan1150 Gen Z rentang usia 18 hingga 25 tahun dengan latar belakang mahasiswa, freshgraduate, serta first jobber dengan maksimal dua tahun pengalaman bekerja.
Untuk mengetahui lebih dalam terkait pendapat generasi muda terhadap tempat kerja, MarkPlus memetakan generasi muda berdasarkan preferensi, ekspektasi, serta pendapat mereka terkait lembaga atau perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
“Gen Z merupakan target tenaga kerja utama mengingat saat ini mereka telah memasukimasa produktif dalam meniti karir,” ujar Aniza Nurfebriany, Manager MarkPlus QuickSurvey di Jakarta, Senin (12/9/2022).
“Dengan demikian, mempelajari pandangan mereka mengenai tempat kerja yang idealmenjadi faktor yang penting untuk dipertimbangkan lembaga atau perusahaan dalammengakuisisi tenaga kerja,” tambahnya.
Riset ini dilakukan melalui online survey, para peneliti menemukan bahwa Kementerian BUMN memperoleh nilai indeks yang paling tinggi, disusul oleh Astra Honda Motor, AstraInternational, Toyota Astra Motor, dan Shopee. Sementara yang menduduki urutan keenam hingga kesepuluh antara lain adalah Kementerian Kesehatan, Unilever, Pertamina, BCA dan BRI.
Kementerian BUMN menduduki peringkat pertama sebagai tempat kerja paling diminatioleh generasi muda, terutama mahasiswa dan fresh graduates. Salah satu faktor yangmempengaruhi hal ini adalah nilai atau values BUMN yang koheren dengan citra perusahanyang baik. “BUMN unggul sebagai jenis lembaga atau perusahaan yang paling diminati Gen Z salah satunya karena mengadopsi AKHLAK sebagai core values mereka,” ujar Aniza.
Values merupakan identitas atau perekat budaya kerja sementara AKHLAK merupakanakronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Perhitungan riset ini dilalui dengan empat parameter, diantaranya seberapa besar GenZ mempertimbangkan perusahaan tersebut sebagai tempat bekerja. Kementerian BUMNmenduduki peringkat paling atas yang dipertimbangkan oleh baik mahasiswa, first jobber, atau fresh graduate.
Selain itu, parameter lain yang juga digunakan dalam riset ini adalah seberapa besar intensimahasiswa untuk melamar suatu perusahaan. Hasil riset ini juga didukung oleh beberapaparameter lainnya, seperti seberapa besar rekomendasi yang diperoleh individu atasperusahaan atau lembaga tersebut.
Suatu hal yang umum bagi mahasiswa sebelum menjajaki jenjang karir adalah mencarirekomendasi dari beberapa pihak yang dirasa lebih berpengalaman. Tak ayal, KementerianBUMN ditemui menjadi satu lembaga yang paling sering direkomendasikan. Salah satufaktornya atas core values serta budaya kerja Kementerian BUMN yang berlandaskanAKHLAK.
Parameter terakhir yang diterapkan dalam survei ini adalah bagaimana persepsi serta image perusahaan di khalayak umum. Parameter ini terdiri dari berbagai faktor seperti seberapa besar self development yang bisa diperoleh Generation Z, seperti apa budaya kerja yang dikenal khalayak umum dari perusahaan tersebut, hingga seberapa besar benefit yang bisa diterima oleh karyawan.
Dengan kemudahan media sosial serta adanya platform-platform yang berfokus padapengembangkan karir, hal ini memudahkan Gen Z untuk mengakses informasi mengenai ulasan perusahaan dari karyawan di seluruh perusahaan yang ada di tanah air. Tak hanyaculture perusahaan, bahkan mahasiswa mampu mengakses informasi layaknya gaji dan benefit yang dibuat privat oleh kebanyakan perusahaan di Indonesia.
Kemudahan akses yang ada juga menjadi pendorong bagi berbagai perusahaan untukberupaya memperbaiki citra nya, tak lain untuk mendatangkan talent atau karyawan dari Generation Z yang saat ini dinilai sebagai generasi paling produktif di antara generasilainnya.
Di samping sepuluh perusahaan ternama ini, MarkPlus QuickSurvey juga akan merilis hasilriset mengenai jenis tempat kerja favorit Gen Z serta pertimbangan utama Gen Z dalammemilih tempat bekerja. Hasil riset Employer Branding Index 2022 dapat diakses secaralengkap melalui .