STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau yang dikenal dengan Tays Bakers (TAYS) memperluas area pemasarannya di dalam negeri. Kali ini, produsen makanan ringan sehat asal Indonesia itu ekspansi ke Jawa Barat, salah satu wilayah dengan pangsa pasar potensial di Tanah Air. Perluasan ini mencakup seluruh produk atau brand yang diproduksi oleh Tays Bakers. Ini juga menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis di tahun 2024.
Menurut laporan perekonomian Bank Indonesia provinsi Jawa Barat pada Februari 2021, Jawa Barat tetap menjadi salah satu penopang utama perekonomian nasional dengan pangsa mencapai 13,02%, setelah DKI Jakarta. Pertumbuhan ini mencakup berbagai sektor usaha, termasuk perdagangan dan eceran. Ini menjadikan Jawa Barat sebagai pasar yang sangat menjanjikan.
Survei pasar yang dilakukan oleh TAYS menunjukkan bahwa potensi pangsa pasar domestik terbesar perusahaan berada di Jawa Barat. Dari survei tersebut, TAYS mengidentifikasi peningkatan penjualan yang signifikan terutama pada kategori Wafer Roll dan Savory Biscuit.
Alexander Anwar, CEO Tays Bakers, menyatakan, “Kami sangat gembira melihat penerimaan yang baik terhadap produk-produk kami di Jawa Barat. Namun, kami juga menyadari bahwa masih banyak peluang yang belum tergarap sepenuhnya di wilayah ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan distribusi guna memberikan lebih banyak kesempatan kepada konsumen untuk menikmati produk kami.”
Dengan langkah ekspansi distribusi ini, TAYS optimistis akan mencapai peningkatan penjualan hingga dua sampai tiga kali lipat dari tahun sebelumnya di Jawa Barat. Perluasan distribusi di Jawa Barat akan menjadi awal dari serangkaian ekspansi distribusi di tingkat nasional, termasuk ke wilayah-wilayah yang sebelumnya belum terjangkau. Saat ini, produk Tays telah tersedia di 30.000 outlet di seluruh Indonesia. Tays menargetkan peningkatan jumlah outlet menjadi 100 ribu dalam dua tahun mendatang.
“Kami menyadari bahwa distribusi merupakan salah satu kunci keberhasilan produk kami di pasar domestik. Selain kualitas dan harga yang terjangkau, ketersediaan produk di berbagai lokasi menjadi faktor penting untuk meningkatkan penetrasi pasar. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan distribusi kami,” jelas Alex.
Tays Bakers, yang didirikan pada tahun 1998 dengan satu line produksi wafer stick dengan merek dagang Nitchi, telah berkembang pesat dan kini memiliki empat kategori produk, yaitu Biscuit & Crackers, Rolled Wafer, Extruded Puff Snack, dan Chocolate Confectionary, dengan berbagai merek dagang yang dikenal luas, salah satunya adalah produk Crisp Kentang Panggang TRICKS.
Selain sukses di pasar domestik, produk-produk Tays Bakers juga telah menembus pasar internasional. Produk Perseroan antara lain telah diekspor ke berbagai negara seperti ASEAN, China, Taiwan, Australia, Timur Tengah, Jepang, hingga Amerika Serikat.