Sabtu, Juli 20, 2024
33.5 C
Jakarta

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di Level 3,50%

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Bank Indonesia (BI) dalam risalah RDG BI Bulan Juni 2022 kembali mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 3,50%, suku bunga Deposit Facility tetap 2,75%, dan suku bunga Lending Facility masih di posisi 4,25%.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyebutkan, kebijakan BI ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan terkendalinya inflasi serta upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah naiknya tekanan eksternal terkait meningkatnya risiko stagflasi diberbagai negara.

Ke depan, menurut Perry, ketidakpastian ekonomi global diperkirakan masih akan tinggi. Ini seiring dengan makin mengemukanya risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan inflasi global. Hal ini sebagai akibat dari makin meluasnya kebijakan proteksionisme terutama pangan, yang ditempuh oleh berbagai negara.

Untuk itu, ungkap Perry, BI terus menempuh berbagai langkah penguatan bauran kebijakan, di antaranya memperkuat kebijakan nilai tukar Rupiah guna menjaga stabilitas nilai tukar dan mendukung pengendalian inflasi dengan tetap memperhatikan bekerjanya mekanisme pasar dan nilai fundamentalnya.

Berikut, mempercepat normalisasi kebijakan likuiditas dengan meningkatkan efektivitas pelaksanaan kenaikan Giro Wajib Minimum (GWM) dan Operasi Moneter Rupiah. Selanjutnya, meneruskan kebijakan transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) dengan pendalaman pada komponen Overhead SBDK.

Perry mengemukakan, BI terus mencermati risiko tekanan inflasi ke depan. Ini termasuk ekspektasi inflasi dan dampaknya terhadap inflasi inti. “Kami akan menempuh langkah-langkah normalisasi kebijakan moneter lanjutan sesuai dengan data dan kondisi yang berkembang,” katanya.

Artikel Terkait

Prabowo: Kebijakan Satu Peta dan PSN Bikin Pembangunan Indonesia Melesat!

STOCKWATCh.ID (JAKARTA) - Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo...

Triwulan II 2024, Kinerja Industri Pengolahan Tetap Solid

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Bank Indonesia (BI) mencatat, kinerja Lapangan...

Kegiatan Dunia Usaha Meningkat di Triwulan II 2024

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Bank Indonesia (BI), mencatat hasil Survei...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru