STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp45 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat menjelang libur Idul Fitri 1445 Hijriah. Permintaan uang tunai cenderung meningkat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Peningkatan tahun ini mencapai 20% dibandingkan tahun sebelumnya, terutama melalui penarikan tunai baik di teller maupun ATM.
Wakil Direktur Utama BSI, Bob T. Ananta, menyatakan bahwa perseroan telah mengoptimalkan layanan untuk memenuhi kebutuhan nasabah menjelang Idul Fitri. Layanan penukaran uang layak edar telah disediakan melalui mobil kas keliling dan kantor cabang bersama Bank Indonesia. “Selain itu, weekend banking juga telah disiapkan untuk memudahkan nasabah bertransaksi di akhir pekan,” ujarnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (1/4/2024).
Selama periode 6 April – 15 April 2024, BSI akan membuka layanan terbatas di 566 outlet di seluruh Indonesia, dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 14.00 waktu setempat. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs web resmi BSI di www.bankbsi.co.id.
BSI juga akan mengoptimalkan layanan di kantor cabang maupun e-channel seperti ATM dan BSI Mobile. Bob menekankan pentingnya memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada mesin ATM. Ini untuk memberikan layanan prima selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah. “Terlebih waktu-waktu ini menjadi salah satu periode yang memiliki traffic transaksi lebih tinggi dari biasanya,” tuturnya.
Saat ini, BSI memiliki lebih dari 1.100 kantor cabang, 2.559 mesin ATM terkoneksi dengan berbagai jaringan ATM, serta layanan transaksi uang tunai di gerai Indomaret dan Alfamart. Bob juga mengimbau nasabah untuk memanfaatkan transaksi finansial dan non-finansial melalui channel BSI Mobile yang dilengkapi dengan berbagai fitur.
Selain itu, Bob mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan transaksi cashless seperti BSI Mobile, QRIS, kartu debit BSI, dan Hasanah Card dalam bertransaksi. Untuk mencapai daerah-daerah terpencil, BSI memiliki lebih dari 90 ribu BSI Agen yang memberikan layanan tarik tunai, transfer, dan pembayaran tagihan.
Bob menambahkan, agar masyarakat berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BSI untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan. “Informasi resmi dari BSI bisa diakses melalui call center official BSI hanya 14040 dan melalui berbagai akun media sosial resmi BSI,” tandasnya.