STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Perayaan HUT Ke-76 menjadi momentum untuk memperkuat komitmen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI sebagai bank global asal Indonesia. Raihan kinerja positif global banking services sekaligus rencana strategis menjadi modal Bank BUMN berkode saham BBNI ini untuk terus meningkatkan eksistensinya di kancah internasional.
Sepanjang Januari–Mei 2022, BNI berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor sebesar 30,62%. Total kredit cabang luar negeri naik 18% secara tahunan menjadi US$3,9 miliar,
Menurut Agus Dermawan Wintarto Martowardojo, Komisaris Utama BNI, sejak awal Perseroan telah didesain sebagai Bank di Indonesia yang berjaringan internasional serta berkapasitas global. Ini bisa dilihat dari sejarah pendirian Perseroan.
BNI yang hari ini genap berusia tujuh puluh enam tahun, didirikan pada 5 Juli 1946 di tengah berkobarnya api perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Kala itu, pemerintah mendirikan Bank Negara Indonesia sebagai bank sirkulasi atau bank sentral milik negara Republik Indonesia.Sejak tahun 1955, BNI beroperasi sebagai bank komersial dan langsung mengambil peran menjadi bank kapabilitas global. Ini ditandai dengan langkah BNI membuka cabang luar negeri pertamanya di Singapura. Di tahun 1959 BNI membuka kantor perwakilan di Tokyo Jepang, dan tahun 1963 dibukalah BNI Cabang Hongkong.
”Selamat ulang tahun ke-76 Bank Negara Indonesia. Hari ini pun adalah salah satu catatan sejarah yang patut kita banggakan,” kata Agus.
Royke Tumilaar, Direktur Utama BNI mengemukakan, BNI telah berkelana ke berbagai negara untuk membantu mitra mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi. Perseroan berkomitmen akan lebih gencar lagi dalam membantu nasabah menemukan potensi pertumbuhan yang lebih kuat melalui berbagai jaringan sekaligus solusi perbankan yang miliki.
Tujuh puluh enam tahun ini, demikian Royke, merupakan ajang pembuktian bagi BNI sebagai lembaga keuangan yang agile. BNI terbukti mampu beradaptasi kala dihadapkan pada tantangan-tantangan baru. Ia meyakini, bila kondisi ini dapat dimanfaatkan dengan baik, bisa menjadi peluang untuk meraih kesuksesan.
“Dalam perayaan HUT ke-76 BNI tahun ini, kami mengangkat tema ‘BNI for Stronger Indonesia’ yang maknanya menggambarkan perjalanan BNI berkarya untuk Indonesia dalam mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi, agar BNI dapat melompat lebih tinggi, menjadikan BNI lebih kuat dan tumbuh secara berkelanjutan,” katanya.
Royke memaparkan, belum lama ini BNI telah berhasil membuka kantor cabang di Amsterdam, Belanda. Ini untuk membantu penetrasi pasar ekspor di beberapa negara di kawasan Eropa.
“Untuk semakin memperluas jaringan dalam upaya kami menjaring potensi-potensi luar negeri, kami masih memiliki rencana pembukaan cabang lagi ke depannya,” sebutnya.
Demi mendukung semua langkah strategis tersebut, kata Royke, BNI memiliki 3 produk champion. Pertama, BNI Mobile Banking. BNI terus memperluas layanan dengan memanfaatkan ekosistem BNI Group, retailer, dan Global Mitra khususnya dalam menjawab permintaan pelanggan di era digital modern ini zaman perbankan..
Kedua, BNI memiliki program BNI Xpora. BUMN ini fokus mendorong kenaikan kelas pelaku UMKM dengan cara memanfaatkan berbagai kesempatan ekspor ke luar pasar global. BNI membangun basis bisnis yang kuat pula di luar negeri dengan mengoptimalkan segmen diaspora yang telah menjadi agen promotor Indonesia di luar negeri.
Ketiga, BNI memiliki Corporate Digital Services, salah satunya BNIDirect yang mengintegrasikan solusi bisnis dan tata kelola keuangan nasabah termasuk solusi bisnis internasional banking.
Target nasabah dari layanan ini antara lain adalah nasabah korporasi, komersial dan usaha kecil maupun rintisan termasuk pebisnis luar negeri yang memiliki bisnis partner di Indonesia, pebisnis Indonesia yang jangkauan usahanya di luar negeri dan/atau memiliki group usaha di luar negeri, perwakilan pemerintah Indonesia yang ada di luar negeri serta para Diaspora Indonesia.
“Khusus untuk BNIDirect, kami akan melakukan launching BNIDirect Overseas London dan CxO Dashboard (layanan informasi keuangan yang terkonsolidasi baik asset, liquidity maupun liabilities perusahaan beserta group usahanya di dalam negeri dan luar negeri),” pungkasnya.
Sepak Terjang BNI Bantu UMKM Go Global
Sepanjang tahun ini, BNI telah melakukan beberapa langkah nyata untuk mendorong UMKM Go Global. Itu antara lain adalah menggandeng Trade Beyond Limited yakni platform e-commerce terbesar di Hong Kong.
Kerja sama ini ditujukan untuk mencarikan ruang bagi UMKM lokal agar mendapat perhatian secara langsung masyarakat di Hong Kong serta beberapa negara pengguna aplikasi tersebut.
Selain itu, BNI menggandeng nternational Chamber of Commerce (ICC) atau Kamar Dagang Internasional Indonesia. Ini dalam rangka penguatan kapasitas dan jaringan pemasaran UMKM Go Global. BNI menjadi preferred bank untuk mengoptimalkan seluruh kantor cabang luar negeri yang cakupannya hampir di seluruh dunia.
Selanjutnya, perseroan juga telah membangun kerja sama dengan Korean Imported Assosiation (KOIMA) dalam hal penguatan basis data, serta penyelenggaraan business matching yang lebih intensif antara Indonesia dengan Negeri K-Pop.
Untuk memperkuat pembiayaan, Keempat, BNI juga bekerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). BNI berkolaborasi dengan Lembaga yang dikenal Eximbank ini dalam hal pembiayaan skema fast track dengan maksimum fasilitas pembiayaan hingga Rp25 miliar.
“Untuk meningkatkan ekspor pelaku UMKM, BNI menjaring komunitas pelaku UMKM diaspora di New York, Hongkong, Korea, dan Amsterdam. Bahkan, BNI sudah mulai menyalurkan kredit diaspora loan yang ke depannya akan terus kami dorong,” katanya.