Jumat, Agustus 8, 2025
32.7 C
Jakarta

Resmi Gunakan Logo Baru, BTN Kian Percaya Diri!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) merayakan ulang tahunnya yang ke-74 dengan melakukan “rebranding”. Ini menandai komitmen emiten dengan kode perdagangan saham BBTN itu dalam menghadapi era digital. Salah satu langkah dalam rebranding ini adalah peluncuran logo baru. Langkah tersebut merupakan simbol dari komitmen BTN dalam mengadopsi teknologi modern dan menjadi lebih adaptif terhadap perubahan zaman. Ini juga sejalan dengan ambisi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Logo baru BTN diperkenalkan dalam acara BTN Anniversary Festival 2024 yang digelar pada Minggu, 3 Maret 2024, di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Menteri BUMN Erick Thohir, dalam sambutannya, menekankan pentingnya momentum ulang tahun ke-74 ini sebagai dorongan untuk percepatan transformasi BTN.

Erick menyoroti peran penting BTN dalam menyediakan solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat. Dengan fakta bahwa saat ini 52 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 70 persen pada tahun 2035, pembiayaan perumahan menjadi sebuah kebutuhan mendesak. Erick menegaskan bahwa meskipun BTN telah membiayai 300 ribu dari 600 ribu rumah, angka tersebut masih belum mencukupi. Kekurangan perumahan di Indonesia masih mencapai 12,7 juta unit.

Erick melihat potensi besar BTN untuk mencapai target tersebut, mengingat peningkatan kinerja bank tersebut dalam beberapa tahun terakhir, yang tercermin dari pertumbuhan aset dan penurunan tingkat kredit bermasalah. Hal ini menandakan bahwa BTN merupakan bank yang solid dan mampu memberikan layanan yang baik kepada masyarakat.

“Prestasi BTN yang mengesankan setelah mencapai usia ke-74 merupakan bukti kemajuan yang signifikan. Pada 2019, laba yang dicatatkan BTN hanya sebesar Rp200 miliar, tetapi kini telah meningkat menjadi Rp3,5 triliun. Ini menunjukkan bahwa kesehatan bank ini semakin baik dan siap memberikan layanan yang prima,” kata Erick.

Erick berharap BTN dapat menjadi solusi bagi generasi muda dalam pemenuhan kebutuhan perumahan mereka. Untuk mencapai hal ini, BTN harus bekerja lebih keras lagi dan merumuskan strategi yang komprehensif. “Logo baru ini harus menjadi semangat bagi seluruh anggota BTN untuk menciptakan solusi atas backlog perumahan yang kita hadapi,” ujar Erick.

Turut hadir dalam seremoni, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, logo merupakan bentuk tanggung jawab dan kredibilitas bagi sebuah organisasi, sehingga BTN harus menjaga makna yang dibawa oleh logo barunya.

“Garis merah yang dahulu di bawah kata BTN, sekarang berada di atas, artinya menjadi lebih sigap dan efisien. Sedangkan penggunaan huruf kecil berarti memasyarakat, sehingga BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat,” ujar Basuki.

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi yang telah dilakukan Bank BTN, di antaranya di ranah digital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern. Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah.

“BTN memperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan jaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business Bank BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan. Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan tapi juga beyond mortgage,” kata Nixon.

Logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan Bank BTN yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman. Nixon menjelaskan, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo Bank BTN melambangkan bank yang mudah didekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. Perseroan berharap dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup.

Garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi Bank yang progresif dan terus melangkah maju. Bank BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif. “Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” kata Nixon.

Sedangkan warna logo, yaitu Dynamic Blue dan Stablitas Merah mewakili bank yang inovatif dan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan, yang bertujuan untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal. Secara filosofis, warna Dynamic Blue merupakan warna yang lebih hidup dan segar dibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara. Sedangkan warna Stabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi yang dibangun melalui pengalam berharga selama bertahun-tahun.

Nixon menegaskan, perubahan logo BTN ini efektif dilakukan pada 3 Maret 2024, dengan beberapa catatan: Pertama, tidak ada perubahan pada nama perseroan (PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk); Kedua, perubahan merek dan logo tidak memengaruhi kerja sama yang sedang berlangsung dan perjanjian yang telah disepakati, baik antara perseroan dengan nasabah maupun antara perseroan dengan pihak ketiga lainnya; Ketiga, informasi lebih lengkap akan disampaikan melalui website BTN atau nasabah dapat menghubungi BTN Call.

Artikel Terkait

BTN Resmi Luncurkan Bale Korpora, Solusi Transaksi Digital Terpadu untuk Perusahaan

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk...

MV BYD Zhengzhou Sandar Perdana, IPCC Layani Kapal Raksasa Ramah Lingkungan

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC)...

Makin Banyak Investor Saham, Stockbit Jadi Aplikasi Andalan Anak Muda!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Jumlah investor saham di Indonesia terus melonjak...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Populer 7 Hari

Berita Terbaru