Kamis, Juli 25, 2024
26.7 C
Jakarta

Camaro Kembali Gelar Kompetisi Futsal, Jadi Ajang Silahturahmi dan Literasi

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Pasar Modal diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia, Capital Market Journo (CAMARO) kembali menggelar turnamen futsal yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi. Kompetisi tersebut melibatkan sejumlah komponen pasar modal dan jasa keuangan di Indonesia, mulai dari emiten, perusahaan jasa keuangan dan juga self regulatory officer (SRO).

Acara yang dibuka oleh perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia dan Federasi Futsal Indonesia (FFI) itu sudah kali ke-4 digelar sejak berdirinya Camaro.

Ketua Camaro Futsal Competition 2022 Dian Ihsan Siregar mengatakan, aktivitas ini merupakan ajang untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Hal itu sejalan dengan semangat Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terus menggalakkan berbagai program demi mendongkrak minat investasi. Sampai dengan Agustus 2022, berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, total investor pasar modal tanah air sudah mencapai 9,38 juta single investor identification (SID) yang terbagi atas investor saham, obligasi dan juga reksa dana.

Jumlah tersebut meningkat 25,2% dibanding tahun lalu. Khusus untuk investor saham, jumlahnya meningkat 18% menjadi 4,07 juta investor. Hal itu membuktikan bahwa ketertarikan akan produk investasi, khususnya pasar modal sudah berada dalam tren yang menanjak.

“Ajang ini juga bisa menjadi wadah silaturahmi bagi seluruh pelaku pasar untuk bisa mengenal satu sama lain dalam kondisi kasual. Proses literasi bisa berjalan cair tanpa adanya sekat birokrasi,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dalam turnamen kali ini, sebanyak 24 tim akan berlaga. 16 tim diantaranya berasal dari tim korporasi dan 8 tim dari forum wartawan. Masing-masing tim bakal berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp70 juta dan juga trofi piala.

Namun dalam perjalanannya, Pefindo, salah satu tim dari kategori korporasi menyatakan mundur dari gelaran kompetisi. Sehingga peserta Camaro Futsal Competition 2022 hanya diikuti oleh 15 tim yang berasal dari PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Pegadaian, PT Bukalapak.com Tbk, PT Buana Finance Tbk, PT Medco Energi Internasional Tbk, PT Sawit SumberSumbermas Sarana Tbk, PT AIA Financial Indonesia, PT Mirae Sekuritas, PT Daya Mitra Telekomunikasi Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Wika Gedung Tbk, PT Jaminan Kredit Indonesia/Jamkrindo (Persero) dan PT Nusantara Infrastructure Tbk.

Sementara dari kategori wartawan, gelaran ini diikuti oleh Camaro, Forum Wartawan BUMN, Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Jurnalis Ekonomi Syariah (JES), Fortami, Forwahub, Forkem dan Forwin.

PT Pupuk Indonesia berhasil menyabet juara pertama untuk kategori korporasi, diikuti oleh PT Bank Rakyat Indonesia di peringkat 2, PT Tower Bersama Infrastructure di peringkat 3 dan PT Pegadaian di peringkat 4.

Sedangkan dari kategori wartawan, juara pertama dimenangkan oleh FW BUMN, juara kedua diduduki oleh Fortami, juara ketiga dimenangkan oleh JES dan di peringkat empat diisi oleh Forwahub.

Camaro Futsal Competition 2022 juga memberikan apresiasi untuk Top scorer baik dari kategori korporasi mauoun wartawan. Dari kategori korporasi adalah Rhiyan Armando Tuasalamony dari tim PT Pegadaian yang menjadi pengumpul gol terbanyak.

Sementara dari kategori wartawan, adalah Joko dari FW BUMN dan Baking dari tim FW Forwahub yang menjadi Top Scorer.

Dengan mengusung tema Bangkit Bersama Pasar Modal, gelaran Camaro diharapkan mampu membawa angin segar bagi perekonomian tanah air pasca dihantam pandemi selama kurang lebih 2 tahun.

“Camaro Futsal Competition merupakan salah satu bentuk dukungan wartawan pasar modal untuk menjaga ekosistem pasar modal Indonesia tetap positif,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengawasan Transaksi Efek Otoritas Jasa Keuangan OJK Khoirul Muttaqin mengungkapkan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada teman-teman penyelenggara CAMARO yang sudah mengadakan kompetisi yang sangat bermanfaat dan menjunjung tinggi sportifitas. Diharapkan sportifitas ini tidak hanya diterapkan dalam olahraga namun juga dalam kehidupan sehari-hari. “Selamat berkompetisi dan berlomba, apapun hasilnya yang penting kemenangan ini milik kita semua,” kata dia.

Senada dengan Khoirul, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Jeffrey Hendrik mengatakan, bahwa dengan terselenggaranya kegiatan ini mampu mempererat kebersamaan antara OJK, BEI, emiten dan juga para wartawan tentunya.

“Kebersamaan ini diharapkan dapat terus terjalin supaya kita bersama-bersama bisa mengedukasi dan memberikan literasi soal pasar modal,” tuturnya.

Turnamen Camaro Futsal Competition IV 2022 yang digelar oleh komunitas jurnalis pasar modal ini juga mendapat sambutan positif dan apresiasi dari Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo.

“Penyelenggaraan turnamen futsal seperti Camaro Futsal Competition 2022 ini semakin menegaskan bahwa animo masyarakat kian kuat terhadap olah raga futsal di Tanah Air. Ini juga menunjukkan dukungan dan peran aktif dari berbagai elemen bangsa dalam pengembangan futsal di Tanah Air. Digelarnya ajang-ajang turnamen futsal begini juga menyemangati timnas futsal kita untuk terus membawa nama harum Indonesia di kancah regional hingga level dunia,” kata Harry Tanoesoedibjo.

Seperti diketahui, saat ini Timnas Futsal Indonesia telah berada di Kuwait untuk mengikuti turnamen AFC Asian Futsal Cup 2022 (25 September 2022 – 20 Oktober 2022).

“Mari kita doakan Timnas Futsal pulang membawa piala,” pungkasnya.

Performa gemilang terus ditunjukkan Timnas Futsal Indonesia. Ranking Indonesia melejit ke posisi 39 besar dunia tahun ini. Pada 2021 lalu, tim Merah Putih berada di posisi 48 ranking futsal dunia.

Demikian pula pada ranking Asia, Indonesia melesat menjadi peringkat 6 pada 2022, dari posisi 10 pada tahun 2021.

Di sisi lain, HT yang juga Executive Chairman MNC Group itu mengatakan MNC Group mengapresiasi Camaro Futsal Competition 2022 yang diselenggarakan komunitas jurnalis pasar modal ini sebagai bentuk kebersamaan untuk terus bangkit dan pulih di tengah berbagai tantangan.

Untuk diketahui, acara ini terselenggara berkat dukungan penuh dari para sponsor, mulai dari *Otoritas Jasa Keuangan, PT Bursa Efek Indonesia, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, PT Penjamin Efek Indonesia, PT AIA Financial Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, MNC Group, PT Bukalapak.com Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk, PT Medco Energi Internasional Tbk*, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jamkrindo, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT BNI Sekuritas, PT Cisadane Sawit Raya Tbk, PT Buana Finance Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Wika Gedung Tbk, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Kemudian ada PT Goto Gojek Tokopedia Tbk, PT Adaro Energy Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Lembaga Penjaminan Simpanan, PT Bahana TCW Invesment Management, PT Bank BTPN Tbk, PT Daya Mitra Telekomunikasi Tbk, PT Pemeringkat Efek Indonesia, PT Bukit Asam Tbk, Telkomsel, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Bank Jago Tbk, PT Pelni, Bank BJB, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT PP Presisi Tbk, PT Mirae Sekuritas, PT PP (Persero) Tbk, PT Pradiksi Gunatama Tbk, PT Nusantara Infrastructure Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, PT Asia Pulp and Paper Sinarmas Tbk, PT Solusi Sinergi Digital, dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero).

Lalu ada PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), PT Tugu Reasuransi Indonesia (Persero), PT XL Axiata, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), PT Smartfren Telecom, PT Bank BTPN Syariah, PT Sarana Multi Griya Finansial (Persero), PT Intiland Development, PT PP Properti, PT Bekasi Fajar Industrial Estate, PT Askrindo Syariah, PT Medikaloka Hermina Tbk, PT Transcon Indonesia, PT Tugu Pratama Indonesia, PT Kimia Farma, PT Garudafood Putra Putri Jaya, PT Nippon Indosari Corpindo, PT Sumber Alfaria Trijaya, PT Wijaya Karya Beton, PT Phapros Tbk, PT Perintis Triniti Properti Tbk, dan PT Cisarua Mountain Dairy Tbk

Artikel Terkait

Obral Diskon! Tiket Garuda Indonesia Turun Harga Hingga 80% di SOTF

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA)...

Kenapa Malam Jadi Dingin Banget di Musim Kemarau? Ini Penjelasannya

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Belakangan ini, suhu udara di beberapa...

Rayakan Ulang Tahun ke-68, Danamon Buka DXPO di Central Park!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk merayakan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru