Senin, Januari 13, 2025
30.4 C
Jakarta

Capai Target Double Digit, CLEO Bukukan Pertumbuhan Laba 66% pada 2023

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group), emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan kode berdagangan CLEO, berhasil membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp324,09 miliar pada tahun 2023. Angka inimeningkat 66% dari tahun 2022 sebesar Rp195,46 miliar.

Peningkatan perolehan laba tersebut seiring perolehan penjualan konsolidasi CLEO sebesar Rp2,09 triliun, meningkat 25% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,67 triliun. Dengan demikian, CLEO secara konsisten mencatat pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dari rata-rata industri yang tumbuh sebesar Rp8%.

“Keberhasilan CLEO terus tumbuh dobel digit selama beberapa tahun terakhir ini didukung oleh integrasi ekosistem bisnis Perseroan sehingga lebih efektif dan efisien,” kata Melisa Patricia, CEO CLEO dalam keterangan resmi, Selasa (02/4/2024).

Melisa mengemukakan saat ini, Tanobel Group telah memiliki pabrik air minum merek CLEO sebanyak 31 buah, dan merupakan produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

Untuk memasarkan produknya, CLEO memanfaatkan banyak distributor internal yang tersebar di berbagai pasar tradisional, pusat perdagangan modern, serta Horeca (Hotel, Restoran, dan Café). Selain itu, CLEO juga didukung oleh ratusan ribu mitra distribusi CLEO.

Melisa menambahkan, tahun ini, Perseroan telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp450 miliar capex konsolidasi. Ini akan digunakan untuk penambahan pabrik baru (di Palu, Pontianak dan Pekan Baru), pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, hingga perluasan jaringan distribusi.

CLEO yang merupakan produsen pertama dan satu-satunya yang memiliki galon dengan handle dan tutup anti tumpah ini telah menjadi pelopor inovasi di bisnis AMDK di Indonesia. Selain menjadi galon isi ulang pertama di Indonesia yang 100% menggunakan pure plastic dan BPA free, CLEO juga merupakan satu-satunya dan yang pertama menghadirkan AMDK kemasan mini di Indonesia, yaitu CLEO Mini Kemasan 220 ml.

Sepanjang tahun 2023, CLEO telah meluncurkan beberapa produk inovasi baru seperti Galon Nusantara dan sparkling water Platine. ”Galon Nusantara dengan kapasitas 12,8 liter ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Oleh karenanya, didesain secara khusus supaya mudah dibawa. Adapun sparkling water Platine merupakan produk premium yang diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar hotel dan bisnis F&B,” tutup Melisa.

Artikel Terkait

Dolar AS Menguat Tajam! Data Pekerjaan Positif, The Fed Tunda Penurunan Suku Bunga?

STOCKWATCH.ID (WASHINGTON) - Dolar AS menguat tajam pada penutupan...

Dolar AS Melonjak, Kekhawatiran Tarif Dorong Kenaikan Imbal Hasil Obligasi

STOCKWATCH.ID (WASHINGTON) - Dolar AS mencatat penguatan selama dua...

Dolar AS Terus Menguat, Apa yang Menyebabkannya Tembus Rekor Baru?

STOCKWATCH.ID (WASHINGTON) - Dolar AS kembali menunjukkan kekuatan pada...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Anda tidak dapat copy content di situs ini