Kamis, Juli 25, 2024
25.4 C
Jakarta

Hijra Bank Luncurkan Aplikasi Mobile Banking Syariah

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – ALAMI Group melalui anak usahanya, PT BPRS Hijra ALAMI (Hijra Bank) resmi meluncurkan Aplikasi Mobile Banking Syariah yang diberi nama Hijra Bank App.

Acara ini antara lain dihadiri oleh CEO ALAMI Group Dima Djani, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1, DKI Jakarta & Banten, Roberto Akyuwen, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Ita Rulina, dan Ahli Ekonomi dan Keuangan Syariah Mulya E Siregar.

Menurut CEO ALAMI Group, Dima Djani, peluncuran Hijra Bank mengangkat tema “Life Upgrade”. Ini sesuai dengan ambisi Perseroan untuk menjadi digital mobile apps beyond banking. Oleh karena itu, Hijra Bank ingin mengajak masyarakat dalam misi kebaikan lewat teknologi.

“Peluncuran Hijra Bank adalah awal dari inovasi dan insya Allah akan kami kembangkan dengan membangun ide menggerakkan kebaikan bersama-sama, berkomitmen merevolusi keuangan syariah di Indonesia untuk melayani umat melalui teknologi. Semangat kebaikan ini lah yang membuat kami tumbuh menjadi platform yang lengkap untuk menemani keseharian masyarakat,” ujar Dima.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor OJK Regional 1, DKI Jakarta & Banten, Roberto Akyuwen, mengatakan OJK sebagai regulator terus mendorong perbankan untuk melakukan transformasi digital agar dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Hal ini juga sesuai dengan perwujudan dari roadmap pengembangan perbankan 2021-2025 di Indonesia yang menginginkan BPR dan BPRS dapat tumbuh sehat, berkesinambungan, dan memberikan kontribusi lebih nyata bagi perekonomian dan masyarakat, termasuk mengadopsi teknologi keuangan secara digital.

“Apa yang dilakukan pada hari ini adalah suatu pencapaian yang secara fundamental sangat luar biasa bagi BPR dan BPRS. Kami berharap peluncuran Hijra Bank App dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia merupakan muslim. Saya berharap Hijra Bank dapat terus menjawab tantangan dengan terus tumbuh dengan stabil, semangat dijaga, dan keinginan untuk berinovasi tidak boleh berhenti sehingga dapat menciptakan daya saing yang lebih tinggi lagi ke depannya,” kata Roberto.

Apresiasi dan dukungan positif juga disampaikan Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Ita Rulina.  “Saya sangat sepakat bahwa kejadian pagi ini (peluncuran Hijra Bank App) adalah sesuatu yang luar biasa. Dari ekosistem kami, yakni perbankan pada jalur pembiayaan, Hijra Bank menjadi BPRS pertama yang hijrah sepenuhnya ke digital. Dengan ini, Hijra Bank dapat mengajak kebaikan agar menjalani ekosistem halal value chain,” jelasnya.

Ahli Ekonomi dan Keuangan Syariah Mulya E Siregar menjelaskan perlu waktu yang lama untuk BPRS go digital. Namun, perubahan regulasi perbankan yang lebih dinamis akhirnya mampu membuat perubahan dan mempercepat perbankan untuk berinovasi.

“Untuk membuat BPRS go digital perlu keberpihakan dan dukungan dari para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah sebagai pembuat regulasi. Dengan regulasi yang dinamis dan customer experience oriented akhirnya mempercepat inovasi perbankan, termasuk Hijra Bank,” ujar Mulya.

Pada 2021, ALAMI Group mengakuisisi BPRS Cempaka Al-Amin yang kemudian bertransformasi menjadi Hijra Bank. Di akhir 2022, Hijra Bank kemudian menjadi BPRS pertama di Indonesia yang telah bertransformasi sepenuhnya digital dengan meluncurkan mobile banking Hijra Bank App.

Hijra Bank memiliki beberapa fitur yang unik dan dapat mengajak nasabah pada misi kebaikan. Diantaranya adalah Sedekah Sign Up yakni program sedekah cahaya sebagai ajakan kepada masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan dana yang disubsidi oleh Hijra Bank.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Tabungan Wadi’ah, Transfer, Hijra Box untuk membantu umat mengatur keuangan lebih cermat sesuai dengan tujuannya, dan Hijra Lifestyle yang menghadirkan sesi kajian ilmu dari para ahli dengan topik menarik dan bermanfaat seperti parenting, kehidupan rumah tangga, dan kesehatan mental.

Artikel Terkait

Asbisindo Dorong Ekosistem Haji dan Umrah, Potensi Devisa Rp200 Triliun Terbuka Lebar!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) terus...

BCA Syariah Kembali Jadi Bank Administrator RDN dan Pembayaran

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah)...

Setelah Saham, Milenial Kini Berburu Emas! Simak Alasannya!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Kaum milenial semakin sadar pentingnya investasi....

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru