Kamis, Juli 25, 2024
26.7 C
Jakarta

Kehadiran IKN Gairahkan Bisnis Properti Wulandari Bangun Laksana

STOCKWATCH.ID  (BALIKPAPAN) – Penetapan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan gairah positif terhadap sektor properti, salah satunya PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK).

Direktur BSBK, Tjia Daniel Wirawan mengemukakan, pemindahan IKN Nusantara berdampak positif dan luar biasa bagi Kaltim, terutama Kota Balikpapan. Dampak nyata tersebut sudah sangat terasa bagi pelaku usaha properti di Balikpapan, salah satunya BSBK.

“BSBK merasakan, setiap hari kawasan Balikpapan Superblock semakin ramai dengan pengunjung. Mereka datang bukan dari Kota Balikpapan saja, melainkan juga dari luar Balikpapan. Peningkatannya cukup signifikan,” ucap Tjia dalam siaran pers di Balikpapan, Jumat (11/11/2022).

Tjia mengemukakan, perpindahan IKN Nusantara ini menjadi momen yang tepat untuk mengembangkan bisnis serta turut membantu menyokong pemulihan ekonomi Kota Balikpapan sebagai Kota Penyangga IKN.

Saat ini pembangunan proyek IKN terus berjalan. BSBK sebagai perusahaan properti terkemuka di Balikpapan sangat menyadari tentang peningkatan kebutuhan akan hunian. Hal ini merupakan dampak nyata kehadiran IKN Nusantara.

“Kami berharap, dengan adanya IKN ini mampu menjadi motor inovasi bagi akselerasi pembangunan ekonomi masa depan,” ungkap Tjia.

Tjia menambahkan, pemindahan dan pembangunan IKN direncanakan akan berlangsung dalam lima tahap. Tahap I tahun 2022-2024, tahap II tahun 2025-2029, tahap III tahun 2030-2034, tahap IV tahun 2035-2039, dan tahap V tahun 2040-2045.

Pada tahun I pembangunan IKN ini pemerintah akan melakukan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) mulai dari Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, kemudian komplek kementerian yang akan ditargetkan selesai di tahun 2024.

Sebagaimana disampaikan pemerintah, IKN Nusantara dirancang bukan sekedar memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Tetapi lebih dahsyat dari itu, IKN Nusantara akan menjadi pusat pertumbuhan perekonomian baru di Indonesia.

Menurut Tjia, manfaat pembangunan IKN Nusantara dipastikan akan berdampak positif bagi seluruh wilayah Kalimantan dan pulau-pulau atau daerah sekitarnya. “Wajar jika beberapa waktu terakhir ini, daerah di sekitar IKN menjadi incaran investor dalam dan luar negeri,” tutup Tjia.

Artikel Terkait

Triwulan II 2024, Penyaluran Kredit Baru Meningkat

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Bank Indonesia (BI) mencatat Hasil Survei...

Resmikan Konferensi Cocotech ke-51, Jokowi Soroti Potensi Kelapa untuk Ekonomi Hijau

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Presiden Joko Widodo resmi membuka Konferensi...

Tumbuh 7,8%, Uang Beredar Juni 2024 Mencapai Rp9.026,2 Triliun

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Bank Indonesia (BI) mencatat, likuiditas  perekonomian...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru