Sabtu, Juli 20, 2024
30.9 C
Jakarta

Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Bank Mandiri kembali menggelar ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022. Perhelatan tahunan ini bertujuan untuk mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda kreatif, inovatif serta dapat berkontribusi aktif untuk menciptakan ekonomi Indonesia yang impresif.

Konsisten digelar sejak tahun 2007, tercatat lebih dari 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari kompetisi ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, WMM 2022 mengusung tema “Proud to be Entrepreneur”. Tema ini diharapkan mampu memantik semangat berwirausaha generasi muda Tanah Air untuk bersama membangun negeri.

“Tahun ini menjadi tahun ke-17 kompetisi ini digelar. Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN turut bangga dapat terus konsisten mewadahi para Jawara Wirausaha Muda di Indonesia untuk berkembang dan naik level dari lokal ke nasional, nasional hingga ke global,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/9).

Rudi menjelaskan, dalam ajang WMM ini, seluruh peserta akan diuji melalui kegiatan yang dikemas dalam tayangan menghibur dalam format Digital Series. Masyarakat dapat ikut terlibat secara langsung melalui Youtube.

Tak hanya itu, WMM kali ini juga kembali menghadirkan “Festival Expo WMM” yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19. Dalam Expo ini Bank Mandiri mengundang seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri yang menjadi bagian program CSR perseroan di bidang kewirausahaan seperti WMM, Rumah BUMN dan Kewirausahaan Petani.

“WMM 2022 juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Bank Mandiri ke-24, dimana event ini menjadi simbol kontribusi Bank Mandiri untuk dunia usaha dan pelaku usaha muda Indonesia. Harapannya, event ini dapat mengapresiasi pelaku usaha muda atas semangat dan inovasi yang telah mereka lakukan untuk kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Rudi.

Sementara VP CSR Center Dept Bank Mandiri Diwangkoro A Ratam mengatakan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, WMM 2022 terbagi ke dalam sub kategori baru yaitu boga atau bisnis makanan dan minuman, lalu kategori kreatif seperti kesenian dan budaya, fesyen, dan entertainmen. Kemudian kategori teknologi dalam bentuk bisnis atau inovasi digital, dan juga kategori sosial yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan dan jasa kepada masyarakat.

Seluruh peserta, lanjut Diwang, akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Adapun total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp2 miliar.

Dalam WMM 2022, Bank Mandiri juga kembali menghadirkan Expo bagi para peserta. Ini dapat menjadi ajang mengenalkan produk dan bisnisnya para pserta kepada masyarakat secara langsung. Dilain sisi, Expo WMM 2022 menjadi poin penting penilaian bagi peserta untuk meraih posisi puncak.

“Tidak hanya sekedar kompetisi, peserta WMM 2022 akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya,” lanjut Diwang.

Inovasi penyelengaraan WMM 2022 tidak berhenti sampai disitu, pada tahun ini untuk pertama kalinya dibuka kategori santripreneur. Hal ini dilakukan untuk mendorong kapasitas para santri di seluruh Indonesia agar memiliki semangat kewirausahaan dan diharapkan dapat menjadi bagian dari motor perekonomian nasional di masa mendatang.

Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Ide bisnis yang cemerlang juga berpeluang untuk memperoleh hadiah dengan total mencapai Rp 500 juta.

Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wmm.id pada 27 September – 27 Oktober 2022. Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional 2 minggu setelah pendaftaran ditutup.

“Sebagai pionir program pembinaan wirausaha, Wirausaha Muda Mandiri memiliki keistimewaan bagi para peserta yaitu kesempatan untuk bergabung dalam komunitas alumni dan tentu saja mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha,” pungkas Diwang.

Artikel Terkait

QR Code Indonesia-Korea Selatan Resmi Terhubung, Pembayaran Makin Mudah dan Cepat!

STOCKWATCH.ID (PENANG, MALAYSIA) - Bank Indonesia (BI) kembali  memperluas...

Mengapa Komika Dustin Tiffani Selalu Batuk? Ini Jawabannya

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Batuk, meskipun sering dianggap remeh, ternyata...

Jelang Pertamina GP of Indonesia 2024: Pembalap VR46 Racing Team Siap Temui Fans di Bali

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan dua...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru