Sabtu, Juli 20, 2024
30.9 C
Jakarta

Berkat Program Kampung Bersih Nusantara di Makassar, META Menang Penghargaan Ini !

 STOCKWATCH.ID (JAKARTA)  – PT Nusantara Infrastructure Tbk (IDX: META) meraih penghargaan Public Relation Indonesia Awards 2023 kategori CSR dengan sub kategori Community Based Development. Dalam acara yang diselenggarakan oleh Majalah PR Indonesia pada 17 Maret 2023 itu, META menang untuk program Kampung Bersih Nusantara di Makassar.

Menurut Indah D. P. Pertiwi, Head of Corporate Communication & CSR META mengemukakan, program Kampung Bersih Nusantara merupakan Program CSR berkelanjutan Perusahaan. Ini  untuk menjawab permasalahan kebersihan lingkungan di sekitaran Tol Makassar tepatnya di Kelurahan Pannampu terkait persoalan pembuangan sampah secara liar. Sebelum adanya program ini, masyarakat memiliki kebiasaan membuang sampah ke Area Tol Tallo sehingga menyebabkan penumpukan sampah di daerah tersebut (pinggir tol).

Selain persoalan lingkungan, program yang mengikutsertakan masyarakat ini tidak hanya melihat dari sisi kebersihan lingkungan saja. META juga melibatkan keterikatan pengembangan kelompok masyarakat (community development). Tujuannya agar masyarakat mendapatkan tambahan nilai ekonomi dari program ini. “Masyarakat mendapatkan edukasi tentang kebersihan dan kesehatan serta sosialisasi mengenai pengembangan ekonomi dengan pembuatan barang yang dapat dijual kembali untuk menjadi pendapatan tambahan keluarga”, ujar Indah.

Untuk diketahui, Masyarakat RW 003 Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar merupakan area padat penduduk dan termasuk wilayah yang masyarakatnya tidak memiliki tempat pengelolaan sampah yang layak. Sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya hanya diletakkan di halaman rumah dengan wadah plastik yang tidak kedap air dan tanpa penutup. Tak mengherankan bila hal ini menimbulkan aroma yang kurang sedap. Melalui program ini diharapkan pengelolaan sampah terpadu dan kebersihan lorong dapat membantu masyarakat mengatasi permasalahan tersebut.

“Kedepannya Kampung Bersih Nusantara tidak hanya akan fokus dengan pengelolaan dan memaksimalkan peran bank sampah, sebagai tindak keberlanjutan, perusahaan rencananya juga mengembangkan dari segi kesehatan, pendidikan dan pengembangan kolompok masyarakat” imbuh Indah.

Penghargaan ini diikuti oleh berbagai korporasi, organisasi dan lembaga pemerintahan dari berbagai industri. Setelah melalui proses penjurian yang cukup panjang, PT Nusantara Infrastructure Tbk terpilih dari 500 perusahaan peserta kompetisi. Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas kinerja Public Relations dalam dunia korporasi sepanjang tahun 2022. Hendaknya hal ini dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam berkarya, berbagi, dan bergerak untuk memberikan social impact kepada masyarakat demi mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG).

Artikel Terkait

Bisnis Kargo Garuda Terbang 40,6% di Awal 2024

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA)...

Delta Dunia Makmur Dirikan Anak Usaha Baru, Begini Dampaknya!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID)...

Prabowo Yakin Indonesia Tumbuh 8%, Berani Taruhan dengan Menteri Negara Tetangga!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Presiden terpilih dan Menteri Pertahanan, Prabowo...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru