Jumat, Juli 19, 2024
28.4 C
Jakarta

Perdagangan Perdana Naik 6,25%, Saham Habco Trans Maritima Oversubscribe !

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Saham  PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) resmi dicatatkan dan mulai diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (26/7/2022). Pada perdagangan perdana, harga  saham HATM naik Rp10 (6,25%) menjadi Rp170 dari harga Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) Rp160/saham. Volume perdagangan saham di pasar reguler hingga waktu tersebut mencapai 609.77 juta unit senilai Rp102,11 miliar. Adapun frekuensi perdagangan saham bernominal Rp50 per unit itu sebanyak 53,253 kali.

HATM, perusahaan yang bergerak dalam bidang pengangkatan dengan kegiatan usaha angkutan laut dalam negeri untuk barang khusus itu, menjadi emiten ke-29 tahun 2022 atau perusahaan tercatat ke-795 di BEI. Sebanyak 7 miliar saham HATM ditawarkan kepada investor publik di pasar perdana. Itu sebesar 16,65 % dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan setelah IPO. Adapun total IPO saham Perseroan termasuk konversi hutang dan Program ESA mencapai Rp224 miliar.

Menurut Andrew Kam, Direktur Utama HATM, hasil IPO saham Perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) sebanyak 57.26x. Ini menandakan tingginya antusiasme investor publik pada HATM.

“Kami cukup senang dengan hasil penawaran umum yang telah dicapai. Mendapatkan oversubscribe sebesar 57.26x bukanlah sesuatu hal yang mudah,” ujar Andrew, di Jakarta, Selasa (26/7).

Dari aksi korporasi ini, Perseroan memperoleh tambahan modal sebesar Rp179 miliar. Seluruh dana segar yang diperoleh dari hasil IPO saham akan digunakan untuk membeli armada kapal bulk carrier baru. Ini dikarenakan permintaan pasar yang sedang tinggi khususnya di industri rantai pasokan energi.

“Sebagai salah satu contoh, HATM bersama dengan PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL) bekerja sama dalam pengangkutan pasokan batubara kebeberapa PLTU di Indonesia guna mendukung ketersediaan listrik diberagam daerah,” jelas Andrew. HATM juga telah melayani transportasi untuk pabrik nikel milik Tsingshan Group yang beroperasi di Indonesia.

Dalam melaksanakan proses IPO saham ini, HATM menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia,  menjadi  penjamin pelaksana emisi efek.

Artikel Terkait

Semester I 2024, Laba Malacca Trust Insurance Melonjak 285,73%

STOCKWATCH.I (JAKARTA) - PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk...

Melejit 1,34%, IHSG Naik Lagi Tembus 7.300

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek...

Melambung 1,02%, IHSG Sesi I Terangkat ke 7.298,247

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru