Minggu, Juli 21, 2024
33.5 C
Jakarta

Tetapkan Harga Rp795 per Saham, Merdeka Battery Raup Dana PUP Rp8,74 Triliun

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) menetapkan harga Penawaran Umum Perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) sebesar Rp795 per lembar saham. Total saham yang dilepas ke investor mencapai 11 miliar saham baru. Jumlah saham PUP tersebut mewakili sebesar 10,24% dari modal ditempatkan dan disetor MBMA setelah PUP saham.

Dalam informasi tambahan rencana PUP saham MBMA yang diumumkan, Rabu (12/4), terungkap, dari aksi korporasi ini, tambahan modal yang akan dihimpun calon emiten di bidang pertambangan nikel dan mineral lainnya ini mencapai Rp8,74 triliun.

Manajemen MBMA telah menerima surat pernyataan efektif pencatatan Efek dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 11 April 2023.  Masa penawaran umum berlangsung pada 12-14 April 2023. Saham Perseroan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 18 April 2023.

Menurut manajemen MBMA, apabila terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, Perseroan akan mengeluarkan saham tambahan sebanyak-banyaknya 1,10 miliar saham dengan harga penawaran Rp795 per unit, sehingga total nilai penawaran secara keseluruhan mencapai Rp9,62 triliun.

Manajemen MBMA mengemukakan, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, pihaknya akan menggunakan dana hasil PUP ini sebesar 53% untuk pembayaran lebih awal seluruh pokok utang berdasarkan perjanjian fasilitas berjangka senilai US$300 juta yang akan dibayarkan kepada MDKA dan ING Bank N.V. (ING Bank) cabang Singapura masing-masing US$225 juta dan US$75 juta. Sebesar 6% untuk mengambilalih hak tagih sebesar US$30 juta (Rp460,5 miliar) kepada PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI). Sebesar 2% untuk modal kerja Perseroan.

Selain itu, dana PUP sebesar 9% akan dipinjamkan kepada MTI untuk belanja modal. Sebesar 16% akan dipinjamkan kepada PT Zhao Hui Nickel (ZHN) untuk belanja modal. Sebesar 6% dipinjamkan kepada PT Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) untuk modal kerja. Sisanya 17% untuk penyetoran modal kepada PT Merdeka Industri Mineral (MIN).

Artikel Terkait

Usai Diakuisisi Jinxin Singapore, Anak Usaha Bundamedik Siap Taklukkan Pasar IVF Indonesia dan Asean!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT Morula Indonesia (MI), anak perusahaan...

Akuisisi 30% Saham Anak Usaha BMHS, Jinxin Singapore Rogoh Kocek Rp422,030 Miliar!

STOCKWATCH.ID (JAKARTA) -  PT Bundamedik Tbk (BMHS) telah menyelesaikan...

KSEI Tambah 8 Bank Baru! 23 Bank Kini Jadi Administrator RDN dan Pembayaran

STOCKWATCHNEWS.COM (JAKARTA) – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru