STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat lonjakan trafik data sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dalam rentang 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan emiten berkode EXCL itu, melonjak 15% dari hari-hari biasa dan 19% dibandingkan Nataru tahun sebelumnya. Puncaknya terjadi pada malam tahun baru dengan kenaikan mencapai 90%.
Sebagaimana diperkirakan sebelumnya, layanan streaming menjadi primadona dengan meningkatnya mobilitas masyarakat di berbagai wilayah. I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, menyatakan, sejak jauh-jauh hari, XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.
“Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (5/1/2024).
Menurut Gede, peningkatan trafik data tidak hanya terjadi di perkotaan, namun juga di area pemukiman. Wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar mencatat kenaikan sekitar 15%. Adapun Kabupaten Cirebon memimpin dengan lonjakan 30%. Kota Surabaya dan Kabupaten Bogor juga menunjukkan pertumbuhan masing-masing sebesar 22% dan 18%.
Gede menyampaikan rasa syukur karena jaringan XL Axiata tetap prima selama periode liburan. Berbagai langkah antisipatif telah diambil, termasuk peningkatan kapasitas, pengerahan mobile BTS, dan kesiapan genset di area-area rawan bencana. Kesiapan untuk melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area terganggu menjadi salah satu strategi untuk menjaga kelancaran layanan.
Data XL Axiata juga memperlihatkan tingginya aktivitas digital di berbagai destinasi liburan. Di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, trafik data meroket hingga 198% dari hari biasa. Destinasi lain seperti Pantai Pangandaran di Jawa Barat dan Pantai Sawarna di Banten masing-masing mencatat kenaikan 143% dan 128%.
Pelanggan XL Axiata yang keluar negeri turut meningkat sekitar 5% dari tahun sebelumnya, dengan destinasi utama seperti Singapura, Malaysia, dan Kamboja.
Dari total trafik layanan data, streaming menjadi pemimpin, diikuti oleh file access dan game. Layanan streaming mengalami peningkatan 10%, sementara trafik game melonjak 68%. Pada platform media sosial, Facebook dan Instagram masing-masing mencatat kenaikan 10-15% dan 23%. Trafik WhatsApp pun naik 30%.
Pada layanan streaming musik, Spotify dan Joox stabil seperti hari biasa. Trafik tertinggi di gim online diraih oleh Roblox (106%) dan Mobile Legends (73%). Trafik layanan streaming film seperti Netflix (35%), WeTV (39%), Amazon Prime Video (29%), dan Disney+ (13%) juga meningkat.
Investasi XL Axiata untuk Meningkatkan Kualitas Layanan
Saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 57 juta pelanggan, didukung oleh lebih dari 158 ribu BTS, mayoritas di antaranya 4G. Jaringan fiber optik yang membentang lebih dari 159 ribu km menjadi tulang punggung untuk menyokong jaringan data yang tersebar di seluruh Indonesia.
XL Axiata terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan berinvestasi pada jaringan fiber, transmisi, backhaul, dan modernisasi jaringan. Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap terus meningkatnya trafik layanan data, menjamin stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan bagi pelanggan setianya.