STOCKWATCH.ID (JAKARTA) – Penjualan pemasaran PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mencapai Rp8,8 triliun pada 2022. “Pencapaian ini 14% di atas target awal tahun sebesar Rp7,7 triliun,” tulis Hermawan Wijaya, Direktur BSDE, dalam keterangan tertulis, Senin (30/1).
Menurut Hermawan, prapenjualan segmen residensial menyumbang Rp5,1 triliun atau sekitar 58% dari total penjualan BSDE tahun 2022. Berikut segmen komersial termasuk lahan komersial, apartemen strata-title dan rumah toko, mencapai Rp2,1 triliun, atau 24% dari total penjualan 2022. BSDE juga mencatat penjualan tanah joint venture sebesar Rp1,6 triliun atau sebesar 18% dari total penjualan.
Berdasarkan proyek, jelas Hermawan, BSD City adalah penyumbang terbesar yakni 56%, disusul Nava Park sebesar 22% dan Grand Wisata Bekasi sebesar 11%. Sementara Kota Wisata Cibubur mengkontribusi 7% dan The Zora sebesar 5%.
Hermawan mengemukakan, pencapaian prapenjualan pada2022 didukung oleh beberapa proyek dan kluster, termasuk produk rumah tinggal di BSD City seperti, Grand Freja dan Freja Chic, Tanakayu Jiva, Svani, Svadhi, Svasti dan Chava, Vanya Park (Askara Nue) dan Kanade di The Zora, Laurel dan Marigold Tower 7 di Nava Park, Enchante. Adapun produk ruko yakni Latinos Business District, Northridge Business Center fase 2, Compton, Greenwich Business Park dan North Point Two.
Di luar BSD City, demikian Hermawan, terdapat beberapa produk yang menarik perhatian pembeli sepanjang tahun lalu, adalah Grand Wisata (New Cherry Ville, Z Living, Garden Hous, New Westfield) dan Kota Wisata (Mississippi, Nashville, Atherton, Miami, Business loft Downtown Madison dan Lumibizz).
Hermawan menambahkan, pencapaian 2022 selain didukung tingginya minat masyarakat atas hunian yang ditawarkan BSDE, juga ditopang oleh program promosi, KPR bank serta kebijakan atau insentif oleh pemerintah.